Kamis, 28 Januari 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Januari 2016



Ada praktisi yang beranggapan melatih diri di alam saha (yakni alam yang kita tempati sekarang) sehari saja dapat sebanding dengan melatih diri di Alam Sukhavati selama seratus tahun, di sini lebih cepat!

Tetapi dia tidak mengetahui bahwa naiknya cepat jatuhnya juga cepat, ini adalah sebuah kesempatan, tetapi anda harus bisa berhasil melewati cobaan. Di sini memang ada sisi bagusnya juga, di sini banyak jodoh yang buruk, rintangan yang banyak, semua ini untuk menguji dirimu, setiap hari harus menghadapi ujian, ketika anda gagal maka akan mengalami kemerosotan batin. Maka itu hal ini begitu cepat, maju maupun mundur juga cepat.

Sedangkan di Alam Sukhavati segalanya lancar-lancar saja, dosa, lobha dan moha anda takkan bisa timbul, sudah diberkati oleh Buddha Amitabha, kekuatan Buddha akan meredamnya, di Alam Sukhavati perlahan-lahan memutuskan hingga ke ujung akarnya, tanpa perlu melewati ujian, namun perlahan-lahan jadi lenyap.

Maka itu di sini juga bukannya tidak bagus, tetapi harus benar-benar bisa lulus ujian, saat berada dalam suasana suka, keadaan yang lancar-lancar saja, takkan timbul kemelekatan, sebaliknya ketika berada dalam suasana duka, segalanya muncul rintangan dan orang jahat juga banyak, namun takkan timbul kebencian, benar-benar dapat membiarkan diri sendiri melatih diri dalam suasana sedemikian rupa, sehingga berhasil mencapai kesucian, kesetaraan dan pencerahan. Maka itu bisa meraih keberhasilan hanya dalam waktu beberapa tahun saja, atau belasan tahun, juga dapat mencapai kemajuan batin yang amat tinggi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Januari 2016



還有一等人,知道娑婆世界(就是我們這個世界)修行一天,有人說可以抵得極樂世界一百年,這裡快!這是什麼?大起大落,墮落得也快,起也快,這是一個機緣,你要禁得起考驗。這邊也是有好處,這邊的惡緣多、障礙多,這都是來考你,天天考試,考不過的時候你就墮落了。所以它快,提升得快。極樂世界一切都順利,你的貪瞋痴慢起不來,都被阿彌陀佛加持,佛力給它伏住,慢慢在極樂世界斷掉,沒有經過考試,慢慢斷掉。所以這裡也不是不好,要真正禁得起考驗,順境沒有貪戀,逆境惡人不起瞋恚,真正是讓自己在這個境界裡頭修成清淨平等覺。所以他成功快,幾年當中,十幾年當中,就提升得很高。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三O三集)  2016/1/20