Jumat, 04 November 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Oktober 2016


Setiap praktisi hendaknya giat melatih diri, bagaimana caranya? Yakni dengan melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, tidak melafalnya di mulut (keluar suara) juga tidak masalah, yang penting di dalam hati melafal berkesinambungan tak terputus, setiap butir niat pikiran adalah Amituofo, ini adalah ketrampilan melatih diri, ini barulah merupakan ketekunan. Saat tertidur lafalan jadi terputus, ini juga bukan masalah, saat terbangun segera lanjutkan melafal Amituofo, memeliharanya jadi kebiasaan.

Serupa dengan kisah Master Hai Xian bersama ibunda dan adik laki-lakinya yang tinggal di Vihara “Lai Fo Shi”, mereka bertiga berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, cara mereka melafal Amituofo juga sedemikian adanya.

Ibunda Master Hai Xian tidak menjadi Bhiksuni, saat bunda lanjut usia, putra putrinya telah mendahuluinya, meninggalkan beliau buat selama-lamanya, hanya tinggal satu-satunya putra beliau yang telah menjadi Bhiksu yakni Master Hai Xian.

Melihat sang bunda tidak ada yang menjaganya, Master Hai Xian menjemput ibunda tinggal di vihara, menunaikan ajaran bakti. Guru Master Hai Xian mewariskan sepatah Amituofo kepadanya, kini sang bunda juga ikut memperoleh manfaatnya, sepatah Amituofo dilafal berkesinambungan tak terputus.

Bunda tidak pernah baca sutra juga tidak pernah mendengar ceramah Dharma, kelebihannya adalah jujur dan tulus, menerima dan mengamalkan ajaran, sehingga terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.
 
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Oktober 2016


大家應該勤奮努力精進。怎麼個精進法?這一句佛號念念相續,不讓它中斷,口上中斷沒關係,心裡不能中斷,念念都是阿彌陀佛,這就叫功夫,真精進。睡覺睡著中斷了,不要緊,起來的時候佛號就接著,就行,養成習慣。來佛寺三聖,念佛就是這麼念法的,所以個個成功。海賢的母親沒出家,晚年的時候,兒女都比她早過世,只剩下這一個兒子,出家的兒子,沒人照顧,海賢老和尚把她接到寺廟裡面,照顧他母親,盡孝道。所以,師父傳的這個法門,他媽媽也受用到了,一句佛號念到底,沒有念過經,也沒有聽過講演,她的長處就是老實、聽話、真幹。只要具足這六個字的條件,必定成佛,往生淨土就是成佛。

文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第三九一集) 2016/10/28




 

Andaikata di dalam hati tidak ada Alam Sukhavati, tidak ada Buddha Amitabha, saat menjelang ajal sulit lolos dari rintangan musuh kerabat penagih hutang, mereka datang cari masalah, membalas dendam, supaya anda gagal terlahir ke Alam Sukhavati.

Andaikata anda benar-benar bekerjasama dengan Buddha Amitabha, Buddha Amitabha memiliki tekad membantumu, anda sendiri juga membulatkan tekad mesti terlahir ke Alam Sukhavati, semakin kuat niat begini maka semakin besar pula kepastian terlahir di Tanah Suci Sukhavati.

Kebulatan tekad ini harus senantiasa dibangkitkan dari lubuk hati yang paling dalam, setiap hari dan setiap saat juga mesti mengikrarkannya. Terhadap dunia ini mesti dilihat dengan jelas dan dipahami, segala kemelekatan harus dilepaskan, jangan lagi menangani banyak urusan, kalau dia baik maka biarkan saja dia jadi baik; sebaliknya kalau dia jahat biarkan saja dia jadi jahat, sedangkan diri sendiri hanya membulatkan tekad terhadap hal apa yang mesti dilakukan, semakin cepat semakin baik.

Maka itu banyak orang yang bertanya padaku, saya menjawab, setiap hari saya membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, di dunia ini tiada lagi yang perlu didambakan sama sekali, menjalani sisa hidupku di dunia ini dengan apa adanya, menuruti jodoh dan takkan memaksakan kehendak.
 
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Oktober 2016


如果心裡頭沒有極樂世界,沒有阿彌陀佛,臨命終時很難逃過冤親債主的障礙,他們來找麻煩,要來什麼?報怨,要來報復,他不能讓你走。如果你自己真正跟阿彌陀佛配合,阿彌陀佛有願幫助你,你自己下定決心非去不可,這個心愈堅強,你就愈有把握。這種堅強的願心要常常發,天天發,發心,時時刻刻發心。對於這個世界真正看清楚、看明白,萬緣放下,什麼都不要管了,他好,讓他好;他壞,隨他壞,我們下定決心就要做,愈早愈好。所以有很多人問我,我就告訴他,我天天是求往生,我不求這個世間,在這個世間還沒走之前,都是隨緣度日。
 
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第三九一集) 2016/10/28