Jumat, 30 Desember 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Desember 2016 (Bgn 1)


Di hati kita ada kerisauan, tubuh menderita penyakit, dari mana semua ini berasal? Yakni dari karma buruk. Lihatlah masyarakat sekarang ini, baik pria maupun wanita, yang tua maupun yang muda, mana ada yang tidak melakukannya?  Oleh karena sudah terbiasa sehingga dianggap sebagai hal yang lumrah, padahal ini adalah kesalahan.

Tempo dulu di dalam masyarakat masih ada sosok teladan yang baik, teladan yang menampilkan tata susila, etika moral dan Hukum Sebab Akibat, jumlahnya juga banyak! Maka itu lingkungan di dalam masyarakat jadi bajik, sebaliknya sekarang teladan yang baik sudah tidak ada lagi.   

Mengapa sudah tidak ada lagi? Oleh karena tidak membaca buku  ajaran insan suci dan bijak, sehingga tidak ada yang tahu meneladaninya. Hanya dengan membaca buku ajaran insan suci dan bijak, barulah tahu meneladani mereka.

Demikian pula dengan membaca buku Ajaran Buddha, yang benar-benar menerima dan mengamalkan ajaran merupakan teladan yang baik. Namun sayangnya, yang membaca itu jumlahnya sangat sedikit, apalagi yang mengamalkan sesuai dengan Dharma, jumlahnya lebih sedikit lagi.

Kalau cuma tahu teori tapi tidak mengamalkan, maka kekotoran batin dan tabiat jelek, kian hari kian bertambah, buah akibatnya adalah jatuh ke tiga alam rendah.

Patut diketahui bahwa begitu terjatuh ke tiga alam rendah, waktunya adalah lima ribu kalpa lamanya, bagaimana anda tidak merasa ngeri? Kalau memang merasa takut maka lekaslah kembali ke jalan yang benar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Desember 2016

我們心有憂慮,身有疾病,從哪裡來的?從不善業而來的。造作的時候不小心,這個不小心是對於學佛人說的,不學佛的時候,他不懂得什麼叫小心不小心。看看這個社會,男女老少,哪個不在造?於是習以為常,認為這是正常的,錯了。古時候,社會上有很好的好樣子,倫理的樣子、道德的樣子、因果的樣子,多!所以社會環境好。現在好樣子沒有了。為什麼沒有了?不讀聖賢書,聖賢的樣子沒有了。只有讀聖賢書才知道有好樣子。讀佛書,真正能依教奉行是好樣子。很可惜,讀的人不少,行的,依教奉行的人少。讀而不能行,無濟於事,煩惱習氣天天增長,以後的果報是三途。要記住,三途一墮五千劫,你怎麼能不害怕?要害怕,趕快回頭。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四O四集)  2016/12/21


 

 



Kalau tidak berkesempatan bertemu dengan Pintu Dharma Tanah Suci, andaikata sudah bertemu tapi masih juga merasa ragu, masih tidak sudi melatih diri dengan serius, masih bimbang dan kebingungan, hidup tanpa tujuan, kelak apa jadinya? Tetap saja berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.

Di dalam enam alam tumimbal lahir, yang paling mudah adalah jatuh ke tiga alam rendah, yakni Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan dan Neraka, sedangkan untuk terlahir kembali di Alam Manusia merupakan hal yang sangat sulit. Lantas bagaimana?

Apakah anda pernah merisaukan hal begini, apakah anda pernah merasa ngeri bila memikirkan hal ini? Saya tahu anda tidak pernah mengkhawatirkan hal sedemikian rupa, anda juga tidak pernah merasa ketakutan bila memikirkan hal begini. Mengapa demikian?

Ibarat seorang pemabuk berat, anda sekarang ini sudah kebanyakan minum dan mabuk berat, kesadaran anda juga sudah mati rasa, anda tidak tahu lagi bagaimana untuk menjatuhkan pilihan, tak gentar akan enam alam tumimbal lahir, juga tak takut akan tiga alam penderitaan, maka itu apa saja berani diperbuat. 

Dharma menakjubkan nan mendalam yang tak terhingga, telah hadir di hadapanmu, namun anda juga tidak mengenalinya, masih saja setengah percaya setengah tidak, anda beranggapan saya sudah begitu banyak menciptakan karma buruk, mustahil kalau dalam satu masa kehidupan ini bisa langsung memperoleh pembebasan.

Maka itu Buddha Sakyamuni membabarkan tiga jenis sutra Aliran Sukhavati (Amitabha Sutra, Sutra Usia Tanpa Batas dan Amitayurdhyana Sutra), yang khusus memperkenalkan kepada kita semuanya. Tiga jenis sutra ini dibabarkan berulang kali, terutama Sutra Usia Tanpa Batas, sehingga terdapat banyak versi terjemahan dalam Bahasa Mandarin. Hanya Dharma Sukhavati yang dapat membantu kita untuk mengakhiri arus tumimbal lahir.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Desember 2016

你要遇不到這個法門,遇到這個法門還有懷疑,還不肯認真修,你還在醉生夢死,將來怎麼樣?依舊六道輪迴。六道輪迴裡面,非常有可能,你在六道只有三道輪迴,三道什麼?餓鬼、地獄、畜生,次次都是三惡道的輪迴,很不容易得人身。怎麼辦?你對這個憂不憂慮、害不害怕?我知道你不憂慮,你也不害怕。為什麼?就像喝酒,你現在喝醉了,你的神經麻木了,你不知道選擇,不怕六道,不怕三途,什麼都敢幹。無量甚深微妙法擺在你眼前,不認識,對它半信半疑,我造的一身罪業,說這一生就能解脫,這不能叫人相信。所以釋迦如來講了三部經,特地為我們介紹。三部經講了很多遍,其他的經佛只講一遍,沒有重複講一次,這個經是重複講的,所以有許多不同的翻譯本子。只有這個法要能幫助我們斷流浪六道之憂。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四O四集)  2016/12/21
 


 

Setiap Buddha tiada yang tidak membabarkan “Sutra Usia Tanpa Batas”, juga tiada yang tidak membabarkan “Amitayurdhyana Sutra”, tiada yang tidak membabarkan “Amitabha Sutra”. Para makhluk yang setelah mendengar pembabaran ketiga jenis sutra tersebut, akan mengetahui adanya Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati.

Maka itu semua makhluk di sepuluh penjuru alam, paling berjodoh dengan siapa? Yakni Buddha Amitabha dari Alam Sukhavati, bahkan jodoh ini sangat mendalam.

Begitu kita mendengar nama Buddha Amitabha, langsung merasa bersukacita, menerima dan mengamalkan ajaran, ini disebut sebagai jodoh telah masak, selamat buat anda, dalam satu masa kehidupan ini anda pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Apabila mendengar nama Buddha Amitabha, lalu setengah percaya setengah tidak, ingin terlahir ke Alam Sukhavati tapi terhadap dunia ini masih begitu mendambakan, tidak ikhlas melepaskan kemelekatan, ini disebut sebagai jodoh belum masak.   

Jadi tidak bisa dikatakan anda tidak berjodoh denganNya, pasti berjodoh, cuma jodohnya belum masak, semuanya ini terpulang kembali pada pahalamu sepanjang satu masa kehidupan ini.

Kalau anda memiliki pahala yang besar, maka saat menjelang ajal akan ada kalyanamitra yang datang membantumu melafal Amituofo, mengantarmu ke Alam Sukhavati, ini disebut sebagai ada jodoh.

Terutama ketika jatuh ke tiga alam rendah, setelah meninggal dunia jatuh ke tiga alam penderitaan, tetapi bertemu dengan sahabat Dharma yang membuat pelimpahan jasa kepada dirimu, di dalam upacara kebaktian pelimpahan jasa juga ada yang bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, namun kalau tidak ada jodoh pendukung maka juga tak berdaya. Jodoh pendukung ini juga bukan semua orang bisa memperolehnya.   

Maka itu jodoh itu harus digenggam diri sendiri, diri sendiri harus bisa melakukannya. Menjalin jodoh dengan Buddha Amitabha, setiap saat takkan melupakanNya, dengan demikian barulah bisa menggenggam erat jodoh ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Desember 2016

每一尊佛教化眾生,沒有不講《無量壽經》的,沒有不講《觀無量壽經》的,沒有不講《阿彌陀經》的。眾生聽了這三部經,都知道有阿彌陀佛,都知道有極樂世界,佛無窮盡。

所以十方世界一切眾生跟誰最有緣?極樂世界阿彌陀佛,而且緣非常深。我們一聽就歡喜、一聽就接受、一聽就真幹,叫緣成熟,恭喜你,你這一生決定往生。如果聽了半信半疑,往生到極樂世界,這個地方還有留戀,還捨不得放下,你的緣未必成熟。不能說你沒有緣,有緣,緣不成熟,完全靠你自己這一生的福報。如果有大福報,臨命終時有善知識助念,把你送到極樂世界,這叫有緣。確確實實特別是三途,死了以後已經墮三惡道,遇到善友給你做超度佛事,在佛事當中也有少數往生的,他沒有這個助緣他就沒辦法。這個助緣也不是每個人都能得到的。所以緣一定要自己掌握,自己把它做出來。跟佛有緣,念念不離開阿彌陀佛,這個緣就掌握住了。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四O四集)  2016/12/21