Sabtu, 31 Desember 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Desember 2016


Melenyapkan segala kejahatan dan menimbun segala kebajikan, barulah pelatihan diri dapat berhasil. Kalau tidak menghapus kejahatan, maka seperti yang disebutkan di dalam sutra sebagai berputar dalam lingkaran samsara yakni enam alam tumimbal lahir. Enam alam tumimbal lahir sungguh mengerikan, begitu jatuh ke dalamnya maka sulit untuk bisa keluar.

Kami melihat banyak rekan praktisi yang pada akhirnya tidak sanggup mengendalikan diri, godaan di luar memiliki kekuatan yang terlampau dahsyat, sehingga dia tidak mampu menahan godaan tersebut; ini disebabkan karena tidak memiliki landasan yang kokoh, etika moral yang tidak cukup tebal, maka itu bisa digoyahkan oleh lingkungan luar.

Hari ini di dunia ini, kala berhadapan dengan kekayaan, rupa, ketenaran dan keuntungan, apakah hati takkan tergoyahkan? Mustahil, tidak mungkin hati takkan goyah, mengapa demikian?

Sejak kalpa yang tak terhingga, apa yang anda latih adalah kekotoran batin dan tabiat buruk, lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan sad visayah (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), ketika masih belum ada kesempatan, dirimu masih terlindungi, oleh karena tidak ada jodoh begini, anda ingin serakah juga tidak bisa, tetapi begitu ada jodoh (peluang) hadir di hadapanmu, apakah hatimu takkan goyah? Ini sulit dikatakan, begitu hatimu goyah maka tiga alam penderitaan langsung hadir di hadapanmu, ini tidak boleh tidak dipahami.

Tempo hari saya selalu menghadiri berbagai kegiatan ceramah, ceramahnya juga lumayan, setelah mendengarnya saya jadi begitu bersukacita, tapi siapa yang menyangka, sudah hampir usia 50 atau 60 tahun, kenapa bisa ditarik oleh karma buruk serupa ini, menciptakan karma buruk?

Tidak bisa dikatakan dia itu tidak tahu, dia itu bisa berteori, bagaimana boleh dikatakan dia itu tidak tahu, hanya saja dia tidak sanggup menahan diri dari godaan, jatuh terpuruk, contoh begini banyak, bahkan terlampau banyak.

Maka itu jaman sekarang ini, yang namanya orang baik itu, kapan baru bisa diambil kesimpulan kalau dia itu orang baik? Ketika peti jenazah ditutup, dia sanggup mempertahankan kebajikannya hingga akhir hayatnya, barulah bisa dikatakan sebagai orang baik, mempertahankan etika moralnya sampai akhir menutup mata.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Desember 2016 

斷一切惡,修一切善,才能成就道業。如果這個東西不斷,那就是經上所說的流轉生死,就是六道輪迴。六道輪迴非常可怕,進去很容易,出來很難。我們看到很多同參道友,中年、晚年,不能夠保護斷惡修善,依舊疏忽,這個疏忽我們知道,外面誘惑的力量太大,禁不起誘惑;內裡面根不夠深,德不夠厚,所以會被外面境界動搖。今天這個世界,財色名利能不動心嗎?不可能,不可能不動心,為什麼?無量劫來你所薰修的是煩惱習氣、是五欲六塵,機會不現前你還能保住,沒有這個緣,你想貪貪不到,如果有這個緣擺在你面前,你能不動心嗎?這就難了,心一動三惡道就現前,這個不能不知道。過去參加很多講座,很多道德講壇,講得不錯,我們聽了都很歡喜,沒有想到都快五、六十歲了,怎麼又被這個惡業牽連,造作罪業?不能說他不知道,他知道,他會講,他怎麼不知道,忍不過,看得破,忍不過,掉下去了,多,很多。所以今天這善人,到什麼時候才可稱他為善人,蓋棺論定,他真的一口氣不來了,善,那是真善,他保持到底,沒有在晚年失節。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四O六集)  2016/12/25