Minggu, 21 Agustus 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Agustus 2016


Andaikata masih memiliki keraguan maka keraguan ini haruslah dilenyapkan, membaca sutra, orang jaman dulu berkata “Mengulang membaca buku ribuan kali, maknanya dapat dipahami dengan sendirinya”, bila anda membaca melebihi seribu kali maka anda akan tercerahkan.

Apabila seribu kali tidak dapat tercerahkan, maka bacalah dua ribu kali; dua ribu kali juga tidak dapat tercerahkan, maka bacalah tiga ribu kali; tiga ribu kali masih juga tidak tercerahkan, maka bacalah empat atau lima ribu kali, pasti bisa tercerahkan.

Pencerahan itu ada pencerahan kecil, juga ada pencerahan besar, dengan tercapainya pencerahan besar atau pencerahan sempurna maka dengan sendirinya anda akan memahami segalanya. Setiap hari meningkatkan kualitas batin diri sendiri, takkan tersesat, tidak mengkritik orang lain, menerima dan mengamalkan sesuai dengan ajaran.

Dengan demikian kita akan memperoleh manfaat yang sesungguhnya dari Buddha Dharma, jangan sampai malah mempergunakan Buddha Dharma untuk mengelabui orang lain. Kini, fenomena seperti ini ada, baik di luar maupun di dalam negeri, sebagai praktisi Ajaran Buddha hendaknya bermawas diri, jangan sampai dikelabui orang lain.

Hendaknya tahu membedakan benar dan sesat, memiliki kemampuan untuk membedakan benar dan salah, baik dan jahat. Andaikata dia memang tidak baik, tidak bertindak sesuai dengan Dharma, kita tidak perlu mengkritiknya, tidak menfitnahnya, namun menjauhinya, ini adalah moralitas dan kebajikan kita. 

Kita dapat menjauhinya adalah kebijaksanaan kita, merupakan kebajikan kita. Takkan membicarakan tentang dia, takkan membantunya menyebarkan ajaran sesatnya, apabila membantunya menyebarluaskan ajaran sesatnya, maka ini ibarat orang buta menuntun orang buta, harus menanggung akibat karma, hal ini tidak boleh tidak diketahui.       

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Agustus 2016

如果要有懷疑,把懷疑放下,讀經,古人說的「讀書千遍,其義自見」,你念上一千遍你就開悟了。一千遍不能開悟,兩千遍;兩千遍不能開悟,三千遍;三千遍不能開悟,四千遍、五千遍一定開悟。悟,有小悟、有大悟、大徹大悟,你就明白了。天天提升自己,絕不迷惑,不批評人,一定要依教奉行。我們得到佛法真實的利益,決定不要拿著佛法去欺騙人。現在這種情形有,外國、中國都有,我們學佛的人要小心謹慎,不要被人騙了。要有能力辨別邪正,有能力辨別是非,有能力辨別善惡。他要不善,要不如法,我們不要批評,不毀謗別人,離開就好,那是我們的德行。我們肯離開是我們的智慧,是我們的善行。不再提他,不能替他宣傳,替他宣傳,他那條路是錯誤的,以盲引盲,要負因果責任,不能不知道。

文摘恭錄 ­ 二O一四淨土大經科註  (第三六一集)  2016/8/9