Sabtu, 15 Oktober 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Oktober 2016


Bodhisattva Maitreya juga memiliki tanah suci, yakni Surga Tusita yang berada di Kamaloka. Ada sejumlah praktisi yang berniat terlahir di sana, belajar pada Bodhisattva Maitreya, kelak ketika Bodhisattva Maitreya turun ke dunia mencapai KeBuddhaan, mereka akan menjadi siswa Buddha Maitreya, serupa dengan Buddha Sakyamuni dengan siswa-siswaNya, yakni Maha-maudgalyayana, Sariputra dan siswa utama lainnya, datang membantu Sang Buddha menyebarluaskan Buddha Dharma, bagus!

Tetapi di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas”, Buddha Sakyamuni berpesan pada Bodhisattva Maitreya agar melatih Ajaran Sukhavati, menyebarluaskan Ajaran Sukhavati, jadi Bodhisattva Maitreya akan menuju ke mana? Alam Sukhavati.

Wilayah bagian dalam Surga Tusita merupakan vihara Bodhisattva Maitreya, tetapi Bodhisattva Maitreya sendiri senantiasa menuju ke Alam Sukhavati, bilamana di Alam Sukhavati ada praktisi yang ingin bersua denganNya, maka Bodhisattva akan  muncul di Alam Sukhavati.

Maka itu para Bodhisattva Alam Sukhavati begitu mudah bersua dengan Bodhisattva Maitreya, hanya dalam sebersit niat pikiran, Bodhisattva Maitreya telah muncul di hadapan, sebaliknya praktisi di Surga Tusita yang ingin bersua dengan Buddha Amitabha malah begitu sulit.

Jadi mana yang anda pilih? Tentu saja bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, hal ini mesti dipahami, sesuai dengan apa yang tercantum di dalam sutra.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Oktober 2016


彌勒菩薩自己有淨土,在欲界第四天兜率天。有不少人嚮往兜率天,好!到兜率天去親近彌勒菩薩,將來彌勒菩薩在世界上成佛,他會到地球上來,彌勒菩薩這些弟子,都像釋迦牟尼佛的弟子,目犍連、舍利弗,都像這些人,佛的大弟子,來幫助佛教化眾生,好!但是這個地方不要忘記,這個地方,佛教彌勒菩薩修淨土,弘淨土,他到哪裡去?他到極樂世界去了。兜率天的內院,是他自己的道場,但是,彌勒菩薩常常到極樂世界,那邊有人想他,他就在那邊出現。所以極樂世界菩薩,要親近彌勒菩薩很容易,一念,彌勒菩薩就現前。兜率內院裡面的學生,想見阿彌陀佛不容易,很難。你說哪個世界好?到極樂世界等於到彌勒內院,在彌勒內院不等於到極樂世界,不一樣,得搞清楚,這個經文是證據。

文摘恭錄 — 二O一四淨土大經科註  (第三七九集)  2016/10/8