Kamis, 19 Mei 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Mei 2016


Sepatah Amituofo telah mencakup sila, samadhi dan prajna, sempurna akan 84 ribu pintu Dharma. Jasa kebajikan dari lafalan Amituofo adalah tak terbayangkan, juga tiada bandingnya.

Maka itu Bodhisattva Mahayana senantiasa melafal Amituofo, praktisi yang melafal Amituofo berkesinambungan disebut sebagai Bodhisattva Mahayana, lantas bagaimana cara Bodhisattva Mahayana melafal Amituofo?

Yakni menggenggam erat setiap detiknya, takkan membiarkannya berlalu sia-sia. Sejak pagi sampai malam, setiap niat pikiran takkan terpisahkan dari melafal Amituofo, begini sudah benar.

Dengan demikian pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, terlahir ke Alam Sukhavati pasti mencapai KeBuddhaan, mencapai KeBuddhaan pasti menyelamatkan semua makhluk, serupa dengan Buddha Amitabha.

Sungguh beralasan untuk percaya bahwa para praktisi yang terlahir di Alam Sukhavati masih berdiam di sana untuk berterimakasih pada budi kebajikan besar Buddha Amitabha, selamanya mengandalkan Buddha Amitabha, serupa anak kecil yang mengandalkan ayahbundanya, takkan pernah berpisah dariNya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Mei 2016

這一句名號把戒定慧三學全包了,八萬四千法門、無量法門也全包了,顯教密教、宗門教下,沒有一法不全包了。佛號功德不可思議,佛號功德無與倫比,沒有一樣能比得上!所以住大乘者是菩薩念,常常念這句佛號的人是菩薩念。怎麼念?分秒必爭,從早到晚,念念都不離開阿彌陀佛,就對了。為什麼?決定往生,往生決定成佛,成佛決定度眾生,像阿彌陀佛一樣。我有理由相信,那些念佛往生極樂世界的人成佛了,他到哪裡去?他還住極樂世界,感阿彌陀佛的大恩大德,永遠依靠阿彌陀佛,像小孩依父母一樣,不離開。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三三O集)  2016/5/11



  

 
  
Andaikata dunia ini tidak menghasilkan insan mulia, maka Pendidikan Budaya Tradisional Tiongkok takkan bisa diwariskan lagi, musnah begitu saja. Maka itu diperlukan banyak insan untuk mempelajarinya, sehingga pendidikan etika moral ini dapat diterapkan dalam kehidupan keseharian; kehidupan insan suci dan bijak, kehidupan insan mulia, sungguh tidak serupa.

Hari ini untuk membangkitkan kembali Pendidikan Etika Moral ini maka perlu membuka buku klasik Ajaran Konfusius, bila memisahkan diri dari buku klasik ini maka takkan lagi bisa ditemukan insan mulia. Tidak serupa dengan tempo dulu, dimana-mana kita bisa melihat insan mulia.

Awal masa pemerintahan Tiongkok Nasionalis (1912-1949), masih dapat ditemukan insan mulia, tapi sekarang sudah tidak ada lagi, bahkan kedengaran pun tidak ada, ini sungguh menakutkan.

Kalau tidak tahu maka tidak boleh disalahkan, tapi, kalau sudah tahu maka haruslah membangkitkan niat untuk menyelamatkan generasi manusia ini, mesti melestarikan dan meneruskan pendidikan etika moral ini, jangan sampai musnah, mesti diwariskan secara turun temurun.

Ini merupakan karir nan mulia, semoga praktisi Mahayana dapat mengingatnya. Bodhisattva Mahayana semestinya membangkitkan hati maha Maitri maha Karuna, mengasihi seluruh makhluk agar terbebas dari penderitaan, bertekad menyelamatkan semua makhluk.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Mei 2016

世間要不出聖賢,這個傳統就傳不下去,就會消失了。必須要有很多人真正下定決心認真來學習,把它變成自己的生活,聖賢的生活、君子的生活,不一樣。這個裡頭實在講與讀書不讀書也沒關係。但是今天要恢復,那離不開經書;離開經書,它已經快滅亡,找不到聖賢君子了,不像從前,過去聖賢君子到處都看到。民國初年之前,聖賢君子,真的,連鄉下三家村裡頭都做到、都看到。現在完全沒有了,聽不到聲音,看不到形相了,這個很可怕。我們不知道,不知道就算了,不怪你。知道了就要發心拯救,就要發心幫助它延續,不能在這一代消失,要傳下去。這是很偉大的一樁事情,希望發大乘心的同修要記住。前面經文裡頭,「住大乘者」,為什麼?大乘心就是有大慈悲心,憐憫一切苦難眾生,想度一切苦難眾生。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三三O集)  2016/5/11