Minggu, 30 Oktober 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Oktober 2016


Andaikata satu masa kehidupan ini tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, kapan lagi baru bisa bertemu kembali dengan Pintu Dharma ini? Buddha Sakyamuni membabarkan di dalam Sutra Aliran Mahayana bahwa begitu jatuh ke tiga alam rendah adalah lima ribu kalpa lamanya, kalau kita melakukan karma buruk, maka saat ajal tiba, jatuh ke tiga alam rendah yakni Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan dan Neraka.

Kalau sempat jatuh ke tiga alam rendah, kapan baru bisa keluar? Kapan barulah bisa terlahir jadi manusia kembali? Membutuhkan waktu lima ribu kalpa.

Setelah terlahir jadi manusia, masih harus berkesempatan bertemu dengan Buddha Dharma. Dalam satu masa kehidupan ini, kita begitu beruntung bisa terlahir jadi manusia, bertemu dengan Buddha Dharma, bahkan bisa bersua dengan Aliran Sukhavati, maka itu harus dihargai.  

Kalau anda memahaminya dengan jelas, maka akan menghargainya; sebaliknya bila tidak memahaminya dengan jelas, anda bukan saja tidak menghargainya bahkan malah menciptakan karma buruk.

Tubuh masih melakukan pembunuhan, pencurian dan perbuatan asusila; mulut melakukan kebohongan, menghasut, merayu dan berkata kasar; pikiran penuh dengan lobha, dosa dan moha; hal ini sungguh bersalah pada hati nurani diri sendiri.

Setiap hari hendaknya melakukan introspeksi diri, mengingatkan diri sendiri, memotivasi diri sendiri harus tekun melatih diri tanpa lengah, meneladani para Bodhisattva Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Oktober 2016

這一生如果不能往生,什麼時候你能夠再遇到這個法門?佛在大乘經上告訴我們,三途一墮五千劫,我們要造作罪孽,來生是餓鬼、地獄、畜生,這是三途。墮到這個裡面去,幾時能出頭?幾時能再得人身?要五千劫,太渺茫了。得人身之後,還要能遇到佛法,遇不到佛法,空來了一趟。我們這一生現前非常非常幸運,得人身,遇到佛法,還遇到大乘,還遇到《無量壽經》、遇到淨宗法門,要珍惜。你認識清楚,珍惜;你認識不清楚,你不知道珍惜,還造惡。身還幹殺盜淫,口還是妄語、兩舌、綺語、惡口,意充滿了貪瞋痴慢疑,這個對不起自己。我們每天應該用這個來反省,提醒自己、勉勵自己要認真努力精進不懈,向極樂世界諸菩薩看齊。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三八五集)  2016/10/22




 
 
Buddha Sakyamuni memperkenalkan Alam Sukhavati pada kita, menasehati kita agar menuruti ajaran dalam sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas), setiap kata dan kalimat yang tercantum di dalam sutra merupakan ucapan yang sesungguhnya, tiada satupun kata yang merupakan kebohongan, semuanya merupakan kebenaran sejati.

Dengan menuruti sutra ini untuk melatih diri, adalah serupa dengan berguru pada Buddha Amitabha. Juga mesti mengikrarkan tekad yang sama dengan Buddha Amitabha yakni 48 tekad agung, tekad apa yang diikrarkan oleh Buddha Amitabha, kita juga mengikrarkan tekad yang sama, diri kita dan Buddha Amitabha adalah sama, tiada bedanya sama sekali.

Setelah mengikrarkan tekad maka harus serius belajarnya, janji itu harus dipenuhi. Ini barulah merupakan siswa Buddha Amitabha, berdiam dalam kebijaksanaan yang sesungguhnya, tujuannya adalah meraih keberhasilan, yakni saat menjelang ajal, Buddha Amitabha menjemput kita terlahir ke Alam Sukhavati, inilah keberhasilan. Sesampainya di Alam Sukhavati pasti mencapai KeBuddhaan. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Oktober 2016

釋迦牟尼佛為我們介紹西方極樂世界,勸導我們依照這個經的教誨,經上所說的字字句句都是真實語,沒有一個字是妄語,真中之真。依照這個經本學習,就是師法彌陀。也要像阿彌陀佛一樣,發四十八願,佛發什麼願,我們發什麼願,我們跟阿彌陀佛一樣,沒有兩樣。發願之後要認真努力學習,說話要算話。這是真正的彌陀弟子,這就真的是住真實慧,目標,以求成就,什麼成就?臨命終時,阿彌陀佛來接引我們往生,就是成就。生到西方極樂世界,決定一生證得無上菩提,就是成佛,《華嚴經》講的妙覺佛果,我們到極樂世界求成就。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三八五集)  2016/10/22





 
 
Hanya satu-satunya yakni Alam Sukhavati, walaupun ketrampilan melatih diri tidak mencukupi juga dapat terlahir ke sana, asalkan anda benar-benar yakin, tiada keraguan sama sekali, benar-benar membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, juga tiada keraguan sama sekali, anda telah memenuhi syarat untuk terlahir ke Alam Sukhavati.

Dalam atau dangkalnya ketrampilan melafal Amituofo adalah menentukan tingkatan Bunga Lotus yang akan dicapainya ketika terlahir ke Alam Sukhavati. Apabila ketrampilan yang dimiliki ternyata tidak mencukupi, atau orang yang tidak punya ketrampilan sama sekali, saat menjelang ajal melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, inilah yang disebut dengan terlahir pada tingkatan Bunga Teratai tingkatan rendah bagian rendah (paling rendah), yakni di Tanah Suci Kediaman Orang awam dan Insan suci. Bagus!

Walaupun terlahir pada tingkatan paling rendah, namun juga telah mempunyai jaminan, pasti takkan mengalami kemunduran lagi, dalam satu kelahiran mencapai kesempurnaan.

Buddha Amitabha memiliki usia tanpa batas, demikian pula dengan penduduk Alam Sukhavati, seluruhnya juga memiliki usia tanpa batas, termasuk praktisi yang terlahir pada tingkatan Bunga Lotus yang terendah di Tanah Suci Kediaman Orang awam dan Insan suci.

Hal ini memberitahukan pada kita bahwa melatih diri itu membutuhkan waktu, takkan terputus di tengah jalan, dengan Buddha Usia Tanpa Batas, mana mungkin takkan berhasil!

Maka itu terlahir ke Alam Sukhavati merupakan jaminan meraih keberhasilan dalam waktu singkat. Buddha Sakyamuni menasehati kita supaya membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, kita tidak boleh menyia-nyiakan nasehat Sang Buddha, harus serius mengamalkannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Oktober 2016
         
唯獨西方極樂世界,修行功夫不足也能往生,只要你真正相信,沒有懷疑,真正發願求生淨土,也沒有懷疑,往生的條件你就具足了。念佛功夫淺深,那是往生到極樂世界品位不同。功夫不夠,沒功夫的人,臨終一句阿彌陀佛求往生的,這就是凡聖同居淨土下品下生。好啊!下品下生得到了保證,絕不退轉,一生成就。生到極樂世界,佛無量壽,每個往生的人,就是凡聖同居淨土下下品往生的,也跟阿彌陀佛一樣,無量壽。告訴我們,修行有的是時間,不會中斷,以無量壽身跟無量壽佛,哪有不成就的道理!所以西方極樂世界是保證速成班。世尊勸我們往生,苦口婆心,咱不能辜負,一定要認真,要真幹。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三八五集)  2016/10/22