Selasa, 25 Oktober 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Oktober 2016 (Bgn 1)


Belajar Ajaran Buddha, terutama era sekarang ini, pemikiran, pandangan dan perbuatan kebanyakan orang telah menyimpang, kalau menyimpang masih boleh dimaafkan, tetapi kalau sudah jatuh ke jalan sesat, maka tidak bisa dimaafkan lagi. Apakah ada yang menyimpang ke jalan sesat? Banyak sekali. Maka itu praktisi sekalian mesti mengamati dengan seksama.

Rekan-rekan yang mengikutiku, setelah memberi ceramah Dharma, akan mengirimkan rekaman ceramahnya kepadaku, setelah mendengarnya, kadang kala saya juga memberi pujian sepatah dua patah kata, ini adalah hal yang lumrah.

Tetapi ada yang menyampaikan padaku, tindakan orang ini, apa yang ditampilkannya keluar, tidak serupa dengan apa yang diceramahkannya selama ini. Maka itu orang ini kalau bukan menyimpang pasti sudah sesat. Maka itu praktisi sekalian hendaknya tahu membedakan mana yang benar dan mana yang sesat, barulah anda tahu menjatuhkan pilihan, ceramahnya boleh didengar, tapi perbuatannya janganlah ditiru.  

Tempo dulu saya masih sering pulang ke Daratan Tiongkok, setiap kali ke Beijing, saya akan berkunjung ke Departemen Agama, Ketua Ye memperlakukan diriku dengan amat baik. Beliau berkata padaku, di dalam negeri banyak orang yang berada di dalam kalangan Agama Buddha, baik umat awam maupun anggota Sangha, memakai nama anda untuk melakukan kejahatan.

Beliau bertanya apakah saya tidak mengetahui hal ini. Saya menjawab tidak tahu. Kemudian beliau juga berkata bahwa urusan ini akan ditangani oleh Departemen Agama, saya mengucapkan terima kasih.

Hari ini orang yang memberi ceramah Dharma tidak serupa lagi dengan orang tempo dulu, orang jaman dulu masih melatih diri dengan benar, bukan saja bisa memberi ceramah tetapi juga sanggup mengamalkannya, anda mesti menampilkan teladan keluar sebagai bukti bahwa anda benar-benar melatih diri, barulah orang lain bisa percaya padamu.

Sekarang banyak orang yang pintar berceramah tapi yang benar-benar bisa mengamalkannya, tak usah bilang yang lain, bahkan Trisarana (Tiga Perlindungan) dan Lima Sila saja tidak sanggup diamalkan. Berlindung pada Buddha, berlindung pada Dharma, berlindung pada Sangha, cuma omong doang, dia tidak mampu mengamalkannya, apalagi Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan, tidak perlu dikatakan lagi, apa yang diucapkan tidak sama dengan prilaku dan perbuatannya, sungguh menakutkan!

Semoga praktisi sekalian dapat mengamati dengan seksama, kalau menemukan omongannya beda jauh dengan tindakannya, lantas bagaimana sikap kita menanggapi hal ini?

Praktisi sejati takkan memuji orang begini, segalanya berakhir sampai di sini saja, takkan memberi pujian lagi padanya. Dengarlah dengan seksama, tiada lagi nada pujian buatnya, oleh karena orang begini lain di mulut lain di hati, maka itu kalau mau mendengar ceramahnya juga boleh, kalau anda tidak ingin lagi mendengar ceramahnya, boleh-boleh saja, pulang rumah dan baik-baik membaca sutra, setulusnya melafal Amituofo bertekad telahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Tidak lagi menjadi pendengar setianya, lambat laun viharanya juga akan kian berkurang pendengar ceramahnya, orang-orang mulai sadar dan jumlahnya juga akan kian banyak, maka si penceramah ini akan mulai melakukan introspeksi diri, dia akan menyesali perbuatannya, kembali ke jalan yang benar. Kita semuanya berharap agar dia dapat kembali ke jalan yang benar. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Oktober 2016

學佛,特別是在現在這個時代,大家想法、看法、做法都偏了,偏了還可以原諒,如果走邪道,那就不能原諒了。有沒有偏邪?偏邪的人很多。所以諸位同修們一定要細心觀察,他講可以聽,有不少我們的同學在講經把錄像帶寄給我給我看,我看了很歡喜,有時候也讚歎幾句,這是正常的現象。可是以後有人告訴我,他所行的、所表演現在外面的,跟他講的不一樣。這就是他沒有能夠得其中,不是偏了就是邪了。所以諸位要觀察到偏邪,然後你就可以選擇,他講經可以聽,他的行為不可以取。不少啊!

早年我還常常回國,每次到北京,我都去拜訪宗教局,葉局長對待我很好。他就告訴我,他說法師,國內有不少你們佛教界裡面,在家、出家都有,打著你的旗號為非作歹,做很多錯事。他說這個你都不知道。我說我真不知道,不是假的。他說這個我們宗教局來處理。我說謝謝你。今天說法的人跟過去不一樣,古時候真有修行,不但你會講,你講的要像個樣子,你要有修行證據拿出來,人家才相信你。現在會講的人很多,真正能夠做到的,不要說別的,三皈五戒都做不到。皈依佛、皈依法、皈依僧,他會講,他做不到,五戒、十善那就更不必說了,講的跟做的完全是兩回事情,這很可怕!

希望同學們要多多留意,發現他講的跟他所做的不一樣,你用什麼心態來對待?真正學佛的人,對他講的不必讚歎,到此為止,不再讚歎。你仔細聽,沒有人繼續再讚歎他。他講的東西與經教相應,可以聽,你要不想聽也可以,回家去讀經,看黃念祖老居士的集註,老實念佛求生淨土,好!不去聽,他這個道場慢慢聽的人少了,覺悟的人多了,他就會反省,他就會懺悔,回頭是岸。我們希望他能夠回頭是岸,好!

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三八二集)  2016/10/18 





 

Setelah belajar Ajaran Sutra tidak sanggup mengamalkannya, tidak bisa menjadikannya sebagai pandangan dan pemahaman diri sendiri, pemikiran, tindakan, maka sia-sia saja melatih diri.

Apalagi kalau memperalatnya buat mengelabui orang lain, untuk kepentingan ketenaran dan keuntungan diri sendiri, maka ini akan membantunya menciptakan karma buruk.

Rekan-rekan sekalian yang telah mendengar berulang kali, seharusnya dapat membedakan benar dan sesat, betul dan salah, memperoleh dan kehilangan, kita memiliki kesanggupan ini, maka takkan dipengaruhi oleh bahaya jatuh ke dalam pandangan menyimpang dan sesat, kita hanya akan mencapai kemajuan batin dan takkan ada kemerosotan batin.

Kalau tidak ada orang yang memberi ceramah Dharma, kita boleh menyaksikan ceramah Dharma melalui jaringan internet, lagi pula siaran ceramah Dharma di internet tidak dibatasi oleh waktu. Bahkan tidak sedikit para praktisi yang merekamnya ke dalam kepingan DVD, bahkan juga ada Mp3 atau Mp4 pemutar ceramah yang bisa dibawa ke mana-mana.

Mesti perbanyak mendengarnya, cara ini sangat cocok buat praktisi era modern ini, oleh karena kemajuan teknologi yang cukup pesat menghasilkan dampak yang luas dan sebagian besar adalah negatif.

Demikian pula dengan perkembangan Buddha Dharma, Dharma Sejati (Saddharma) kian langka, kita mesti mempertahankan prinsip yang benar. Orang lain memberi ceramah dan menggunakan namaku, janganlah langsung percaya begitu saja, oleh karena anda akan terjebak, akan dikelabui.

Bahkan apapun yang telah kukatakan, juga tidak boleh dipercaya begitu saja, hanya satu-satunya yang boleh dipercaya adalah ucapan Buddha Sakyamuni dan Buddha Amitabha.

Bahkan orang yang pernah saya puji, kini jadi tanda tanya, apakah benar atau tidak? Makanya tidak bisa percaya begitu saja, anda mestinya melihat dan mendengar langsung, melakukan pengamatan dengan seksama, apakah dia mengamalkan Trisarana, kalau dia tidak mematuhi “Tiga Bekal Karma Suci”, maka buat apa mendengar ceramahnya lagi.      

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Oktober 2016

學了經教不能落實,不能變成自己的見解、思想、行為,那是白修了。如果拿這個去騙人,搞自己的名聞利養,那是幫助他造業,這個不好。同學們自己,聽這麼多遍了,應該能夠辨別邪正、是非、得失,我們有這種能力,就不會受這些偏邪的害處,我們只受益不受害。

沒有人講,我們都在網路上可以看到,時時刻刻可以看到,網路沒有時間限制。還有不少同修做成光碟,光碟的流通,這個隨身聽的流通都很好。一定要遍數多,多聽。這個方法非常契合我們現代人的根機,因為現在知識爆炸,我們接觸的面很廣,多半都是負面的。佛法亦不例外,正法真的是愈來愈稀少,愈來愈可貴,我們守住我們的本位,大家在一起學習。別人講的,拿著我的名義,也不要完全相信,因為你會上當,你會受騙。我說了也不能算數,這就對了,要釋迦牟尼佛說了才算數,阿彌陀佛說了才算數。我所讚歎的,大家都要打個問號在那裡,是不是真的?你可以細心去觀察,觀察覺得他沒有遵守三皈,沒有遵守淨業三福,我們就不要再聽他的了。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三八二集)  2016/10/18