Jumat, 29 Juli 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Juli 2016


Meskipun terlahir di Naiva-samjnanasamjna-yatana (Pali: Neva-sannanasanna-yatana), yakni alam tertinggi dari 31 alam kehidupan, memiliki usia 84 ribu Mahakalpa, namun tetap saja ada batasnya dan suatu hari pasti akan berakhir, lantas apa yang akan terjadi ketika masa kehidupan berakhir?

Tidak bisa lagi naik ke atas, hanya bisa jatuh ke alam yang lebih rendah, ke mana jatuhnya? Semakin naik ke atas maka jatuhnya juga kian terpuruk. Dari Arupaloka yang paling tinggi, jatuh ke Rupaloka (Empat Tingkatan Alam Jhana), lalu jatuh lagi ke Kamaloka, dan kebanyakan adalah jatuh terpuruk sampai ke Neraka Avici.

Mengapa demikian? Oleh karena para praktisi di Alam Naiva-samjnanasamjna-yatana memiliki pahala yang besar, ketrampilan samadhi, hanya saja kebijaksanaan yang tidak muncul ke permukaan, mengira dirinya sendiri telah mencapai KeBuddhaan, setelah melewati empat tingkatan Alam Jhana, mengira bahwa telah memasuki Maha-parinirvana.

Namun ketika ajalnya tiba, dia akan menfitnah Buddha, Sang Buddha mengatakan bahwa saya takkan mengalami muncul dan lenyap lagi, tetapi mengapa sekarang saya malah menghadapi ketidakkekalan?

Begitu sebersit niat pikiran ini muncul, jatuh ke Neraka Avici, oleh karena dia telah menfitnah Buddha dan menfitnah Dharma, pasti akan ada fenomena sedemikian rupa yang muncul.

Andaikata dia benar-benar menguasai Buddha Dharma, dia tahu bahwa Naiva-samjnanasamjna-yatana bukanlah kondisi batin Nirvana, melainkan adalah Arupaloka, juga masih merupakan orang awam, oleh karena belum keluar dari tumimbal lahir. Maka itu jangan sampai melakukan kesilapan.  

Praktisi sekalian hendaknya mengetahui bahwa banyak praktisi yang salah paham, mengira bahwa Naiva-samjnanasamjna-yatana merupakan tercapainya KeBuddhaan.      

Maka itu yang paling aman dan yang paling ada jaminannya, hanyalah terlahir di Tanah Suci Sukhavati, ada Buddha Amitabha yang melindungi kita, bukan hanya terhindar dari melakukan kesalahan saja.

Ini tidak boleh tidak diketahui.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Juli 2016


縱然往生到非想非非想處天,壽命八萬大劫,可是在無量劫裡頭,八萬大劫總有一天會到,到了怎麼辦?再不能往上提升,只有往下墜落。墜落,墜落到哪裡?爬得高摔得重,從四空天、四禪天墮落下來的多半都是無間地獄。為什麼?這裡面的人福報大,有定功,智慧沒現前,總誤會自己修行成佛了,入了四空天,以為是入大般涅槃。佛說的,那他已經成佛,到壽命到的一天他就謗佛,佛說我不生不滅,為什麼我現在還有生滅?這個念頭一起,阿鼻地獄,謗佛、謗法,肯定會有這個現象出現。如果他真正通達佛法,他知道那不是涅槃境界,那是四空天的境界,是四禪天的境界,還是凡夫,沒出輪迴,千萬不能發生錯誤。諸位要知道,好多修行者誤以為那是佛境界。所以最安全,最有保障的,還是往生淨土,阿彌陀佛保護我們,不至於叫我們產生錯誤。這是我們不能不知道的。

文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註  (第三五八集)  2016/7/21