Rabu, 07 Desember 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 November 2016 (Bgn 2)


Di dalam sutra Buddha terdapat kisah sedemikian rupa, Raja Virudhaka, raja dari Kerajaan Kosala, salah satu kerajaan besar di India, dia menaruh dendam yang besar terhadap Suku Sakya, dendam ini dijalin sejak beberapa masa kehidupan yang lampau.

Pada masa kelahiran lampau, Suku Sakya masih merupakan sebuah dusun yang kecil, di tepi dusun terdapat sebuah kolam, di dalam kolam tersebut dipelihara banyak ikan, mungkin Suku Sakya waktu itu hidup dari menangkap ikan, ketika kolam itu hendak direnovasi, ikan-ikan yang berada di dalamnya dijaring semuanya lalu dijadikan santapan, ikan-ikan ini jadi menyimpan dendam dan ingin membalasnya.

Pada satu masa kehidupan sekarang ikan ini terlahir jadi raja, dendam yang dipendam akhirnya terkuak keluar, sehingga Raja Virudhaka berniat memusnahkan Suku Sakya, setiap kali melihat Suku Sakya, beliau selalu merasa tidak suka dan benci.

Buddha Sakyamuni walaupun telah mencapai KeBuddhaan, memahami dengan jelas Hukum Sebab Akibat di balik peristiwa ini, tidak berdaya menyelamatkan Suku Sakya, ini adalah buah akibat karma, apabila anda menyelamatkan mereka, masa kehidupan berikutnya hutang ini juga masih harus dilunasi, tiada usainya.

Maka itu Maudgalyayana yang merupakan siswa Buddha yang terunggul dalam kemampuan gaib, beliau pergi melakukan pertolongan, menaruh orang-orang penting Suku Sakya ke dalam patra-nya, patra (mangkok)-nya berubah menjadi besar, sehingga manusia bisa ditaruh ke dalamnya, beliau menaruh patra tersebut di angkasa.

Setelah perang berakhir, Buddha Sakyamuni berkata pada Maudgalyayana, coba lihat ke dalam patra. Maudgalyayana terbang ke angkasa dan mengambil kembali patra-nya, ternyata di dalamnya adalah darah semuanya, barulah tahu bahwa “karma tetap” tidak bisa diubah.

Setelah memahami hal ini, apakah anda masih berani mengikat permusuhan dengan orang lain? Bagaimana orang lain menghina diriku, kita harus menggunakan kebajikan untuk membalas rasa dendam, jangan pula menggunakan rasa dendam untuk membalasnya, jangan ada rasa dendam sama sekali, kita memperlakukannya dengan makin hormat dan makin memuji, kita memberi ceramah, membaca sutra, melafal Amituofo, melimpahkan jasa kebajikan kepadanya.

Tak peduli bagaimanapun anda melukaiku, saya juga menganggapnya sebagai hal yang lumrah, sudah sepantasnya, pada masa kehidupan lampau, saya melukaimu, hari ini anda melukaiku, balasan ini sudah terbalas, tidak ada kebencian, anda menfitnahku, saya memujimu, apa kelemahanmu saya takkan mengatakannya keluar, anda memiliki kelebihan saya memujimu, anda memiliki hal yang buruk, saya takkan mengkritikmu, takkan mengikat jalinan permusuhan dengan orang lain.    

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 November 2016

佛經上佛說的這麼一段故事,琉璃王,當時印度一個大國的國王,他對於釋迦族,釋迦族也是一個國,釋迦族的國王,佛陀如果不出家,就是釋迦族的國王,這個怨是多生多劫以前結的。這有個故事,當時這個釋迦族是一個小鎮,鎮邊上有一個池塘,池塘裡面養了很多魚,釋迦族大概是捕魚,修理池塘,把這個魚一網打盡,都吃了,這個魚怨恨在心,常常想報復。這一次剛好他也是個國王,就發了一個怨恨心,要把釋迦族滅掉,他看到釋迦族的人就討厭。釋迦牟尼佛雖然成佛了,對這樁事情前因後果完全明瞭,沒法子救,這是因果報應,你要救了他,來生遇到了還要報,沒完沒了。所以,目犍連有神通,他說他去救,把釋迦王的幾個重要的人員,放到他的缽當中,這個缽變大了,人放到缽裡,他把它放在天上。戰爭結束之後,釋迦牟尼佛說,你把那個缽拿回來看看。他到天上,缽拿回來,缽裡頭是血水,才知道定業不能轉。

你明白這個道理,你還敢跟人結怨嗎?別人怎麼侮辱我,我們要以德報怨,不能有絲毫怨恨心,我們對他愈恭敬愈讚歎,我們講經誦經念佛都給他迴向。過去我們不知道,肯定有很多,過去的冤親債主,今世的冤親債主,我都給他們供牌位,我的牌位上都有,我天天給他們迴向,心裡面確確實實沒有怨恨的人。無論你怎麼傷害我,我都認為是正常的,是應該的,過去我傷害你,今天你傷害我,這果報就報掉了,沒有怨恨心,你毀謗我,我讚歎你,你有什麼不好我不說,你有好的地方我讚歎,你有不好的地方我不批評,不跟人結怨。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三九七集)  2016/11/4


 


 

“Meskipun mempunyai sanak keluarga yang berlimpah, namun berputar dalam lingkaran samsara, saat lahir datang sendirian, saat mati pergi sendirian, tiada yang menemani, juga tiada yang bisa mewakili”.

Tidak ada orang yang dapat mewakilimu, ketika datang ke dunia ini anda seorang diri, ketika pergi dari dunia ini anda juga seorang diri. Maka itu harus kita ketahui dalam satu masa kehidupan ini, saya datang seorang diri, tetapi kita beruntung bisa bertemu dengan Buddha Dharma, mengamalkan sesuai dengan ajaran, serius mengamalkannya, terutama dapat bersua dengan Aliran Sukhavati, yang berarti anda tidak pergi seorang diri, Buddha Amitabha datang menjemput dirimu.

Ketika Buddha Amitabha datang menjemputmu, sanak keluarga, kerabat dan sahabat yang telah terlebih dulu terlahir ke Alam Sukhavati, mengikuti Buddha Amitabha datang menjemputmu, begitu bersua anda langsung mengenalinya, di alam mana, pada masa kehidupan yang mana, bagaimana bentuk hubungan kalian, kini dapat bersua dengan semuanya.

Maka itu terlahir ke Alam Sukhavati, sanak keluarga, kerabat dan sahabat akan menyambut dan merayakannya buat dirimu, mau tidak? Apakah masih sudi memilih pergi seorang diri ke tiga alam rendah? Ini adalah kesalahan besar!

Mesti memiliki ketetapan hati sedemikian rupa, niat pikiran begini, mereka yang mengikuti Buddha Amitabha datang menjemputku, jumlahnya akan banyak sekali, terutama yang merupakan sahabat Dharma-ku, baik yang berasal dari masa kelahiran lampau maupun masa kelahiran sekarang, kelahiran demi kelahiran, juga bersukacita menyambut kedatangan anda ke Alam Sukhavati, sampai di Alam Sukhavati berkumpul dan belajar bersama-sama.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 November 2016

「縱使眷屬滿堂,於生死之際,生是孤身來,死時獨自去,無人相隨,無人能代」。沒有人能代替你,來的時候你一個人來,去的時候也一個人去。所以我們要知道,這一生當中,佛說得不錯,我是獨自來的,但是我們遇到佛法,遇到佛法依教奉行,真幹,特別是遇到淨宗,遇到淨宗就不是獨自去,阿彌陀佛來接引你,來接引你的時候,過去生中家親眷屬、親朋好友,早往生到極樂世界去的,都會跟阿彌陀佛一起來接引你,你一見面馬上就認得,是在哪個世界,是在哪一生哪一世,你們是什麼關係,統統見到了。所以往生極樂世界,這些親朋好友們,歡迎你,迎接你,給你接風,給你慶祝,要不要?還是要獨自一個人到三惡道去?那就大錯特錯了!

應該要有這種決心,有這個意念,就是要有這個念頭,我到極樂世界,來接引我的人,跟阿彌陀佛一起來的,一定很多很多,特別是我們的同參道友,今世的同參道友,過去世,生生世世的同參道友,都歡迎你到極樂世界,到那邊共同學習。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三九七集)  2016/11/4





 

Saat menjelang ajal, andaikata sebersit niat pikiran terakhir adalah Amituofo, bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, maka pasti bisa berhasil terlahir di Alam Sukhavati. Apabila sebersit niat pikiran terakhir masih mendambakan nafsu keinginan, merindukan keluarga anda, memikirkan harta kekayaanmu, masih melekat dan tidak ingin berpisah dengannya, maka anda akan dicelakainya, lagi-lagi harus berputar di dalam lingkaran tumimbal lahir.

Kalau sudah begini maka yang kembali lagi menjadi hewan atau jatuh ke alam binatang adalah yang paling banyak, mengapa demikian? Oleh karena terlahir ke Alam Manusia merupakan hal yang sulit, sebaliknya mudah untuk jatuh ke alam binatang.

Masa kini banyak orang yang suka pada hewan peliharaan, hewan peliharaan sangat patuh, mengerti maksud manusia, ini dikarenakan pada masa kehidupan sebelumnya lebih banyak melakukan karma buruk daripada karma baik, saat menjelang ajal jodoh karma buruknya masak sehingga jatuh ke alam binatang, bahkan juga berkumpul dengan keluarga anda, beberapa tahun atau belasan tahun kemudian, dia pergi lagi.

Namun bukan berarti setelah mati dia bisa langsung bebas dari tubuh hewan, meskipun usianya tidak panjang, contohnya anjing, berapa kali dia akan terlahir kembali jadi anjing? 100 kali, 200 kali, 300 kali, waktu ini sangat panjang sekali. Anjing setelah mati terlahir kembali jadi anjing lagi, demikian seterusnya, sampai setelah masa hukumannya berakhir, barulah bisa beralih terlahir ke alam lainnya.

Dengan demikian barulah anda memahami bahwa betapa mengerikannya tiga alam rendah tersebut.

Maka itu di dalam penjelasan Bab 33 “Sutra Usia Tanpa Batas” disebutkan bahwa : niat pikiran baik dan buruk para makhluk berubah dengan sangat cepat, sebab menghasilkan akibat. Begitu jatuh ke alam tumimbal lahir, karena perjalanan yang ditempuh masing-masing berbeda, jika ingin bertemu kembali adalah hal yang sungguh tidak mudah. Walaupun telah bertemu, namun wajah telah berubah, tidak mungkin dapat saling mengenal.

Meskipun bersua sudah saling tidak mengenali lagi, wajah sudah berubah, pada masa kehidupan ini terlahir jadi manusia, kehidupan mendatang jadi hewan peliharaan, anak anjing atau anak kucing, walaupun setiap hari bermain bersama, tapi tidak saling mengenali satu sama lainnya.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 November 2016

如果最後一念是阿彌陀佛、是求生淨土,決定往生。最後一念還貪起欲望,想你的家人,想你的財產,你還難分難捨那就完了,你就又回來了。這種回來畜生道最多,為什麼?人道難得,不容易,他得不到人身,很容易得畜生身。現在有很多人喜歡玩寵物,寵物牠很聽話,懂得人的意思,那都是造的惡多於善,臨終這個緣成熟,墮到畜生道去了,還跟你們家人在一起聚會,再有個幾年十幾年,牠又走了。動物是論次數算的,牠壽命雖然不長,譬如牠墮到狗身,要做多少次?要做一百次,做二百次,做三百次,那時間就很長了。狗死了還是狗,死了又是狗,要次數滿了牠才能到別的道去。所以這樣你明白了,你就知道三惡道的可怕。所以經文上講:「善惡變化,追逐所生,道路不同,會見無期。」會見,縱然是會見,不認識了,為什麼?改頭換面了,這一生是個人,來生是個寵物,是個小狗,小貓,雖然天天還玩在一起,不認識,是這麼個意思。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三九七集)  2016/11/4