Sabtu, 23 Juli 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2016


Di Planet Bumi kita ini, dalam era sekarang ini, meskipun Buddha Sakyamuni telah memasuki Parinirvana, meninggalkan diri kita, namun masa keberlangsungan DharmaNya masih ada 12 ribu tahun lamanya, selama 12 ribu tahun ini, Buddha Sakyamuni masih merupakan Guru Pembimbing Para Dewa dan Manusia, di dunia ini tidak mungkin muncul dua Buddha.  

Maka itu banyak orang yang mengatakan Bodhisattva Maitreya telah mencapai KeBuddhaan, ini adalah pernyataan sesat. Kapan Bodhisattva Maitreya akan lahir ke dunia dan mencapai KeBuddhaan? Harus menanti hingga masa keberlangsungan Dharma Buddha Sakyamuni berakhir dan selesai dulu.  

Masa keberlangsungan Dharma Buddha Sakyamuni tidaklah terlalu panjang, hanya 12 ribu tahun. Sekarang Buddha Sakyamuni telah memasuki Parinirvana sejak tiga ribu tahun yang silam, hal ini ada tercatat di dalam Sejarah Tiongkok. Sedangkan orang barat mencatatnya sebagai lebih dari 2500 tahun, bedanya kira-kira 600 tahun dengan hitungan orang Tiongkok, jadi mana yang benar dan mana yang salah?

Hal ini tidak perlu ditelusuri, mengapa demikian? Ini tidak penting, yang penting adalah sutra ajaran Buddha Sakyamuni masih beredar di dunia, melihat sutra adalah serupa dengan melihat Buddha Sakyamuni, bersungguh-sungguh belajar dan melatih diri sesuai dengan apa yang tercantum di dalam sutra, barulah merupakan siswa Buddha Sakyamuni, inilah yang penting.     

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2016

我們這個地球上,在這個時代裡面,釋迦牟尼佛他雖然不在了,離開我們,但是他的法運有一萬二千年,這一萬二千年,釋迦牟尼佛是教主,這個世界也不能出現第二尊佛。所以有很多人說彌勒菩薩已經成佛,這是錯誤的。彌勒菩薩什麼時候來成佛?必須釋迦牟尼佛的法運終結。佛的法運不是很長,一萬二千年。現在,釋迦牟尼佛去我們到現今,大概是三千年,中國歷史上所記載的。外國人所記載的,認為是二千五百多年,跟中國人計算大概相差六百年。到底哪個是真的,哪個是假的?這個無需要去考察。為什麼?這不重要,重要的是他經典今天存在,我們看到經典,如同看到本尊釋迦牟尼佛沒有兩樣,認真依著經典修學,就是釋迦牟尼佛的弟子,這個重要。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三五O集)  2016/7/11


  

 
  

Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta adalah siswa utama Buddha Amitabha, membantu Buddha Amitabha, amat berjodoh dengan Buddha Amitabha, sesungguhnya sejak awal Mereka berdua telah mencapai KeBuddhaan, kini Mereka muncul menjadi pembantu utama Buddha Amitabha.   

Amitayurdhyana Sutra menyebutkan : “Dengan cahaya prajna, menerangi segalanya, menjauhkan para makhluk dari tiga alam penderitaan, memperoleh kekuatan tertinggi tiada bandingnya, maka itu Bodhisattva ini bergelar Mahasthamaprapta”.

Bodhisattva Mahasthamaprapta dapat membantu kita untuk memulihkan kembali energi positif jiwa sejati, Beliau memiliki kekuatan yang maha untuk membantu kita, maka itu disebut sebagai Mahasthamaprapta.

Sutra “Si Yi Jing” menyebutkan : “Saya (Bodhisattva Mahasthamaprapta), setiap tempat dimana kakiKu melangkah dan berpijak, akan mengguncang tiga ribu maha ribu dunia dan istana Mara, maka itu bergelar Mahasthamaprapta”.

Kekuatan yang dimiliki oleh Bodhisattva Mahasthamaprapta adalah sedemikian besarnya, di tempat mana Beliau berada, akan mengguncang tiga ribu maha ribu dunia, termasuk istana Mara juga ikut berguncang. Mengapa demikian?

Oleh karena begitu banyak praktisi yang oleh karena Pintu Dharma Pelafalan Amituofo sehingga memperoleh penyelamatan dan meraih keberhasilan. Kata “berguncang” di sini memiliki dua makna, yang pertama adalah timbul perasaan sukacita, oleh karena melihat begitu banyak praktisi terlahir ke Alam Sukhavati dan mencapai KeBuddhaan; sedangkan makna yang satunya lagi adalah oleh karena melihat di dunia ini ada manusia yang melakukan kejahatan, akhirnya mau bertobat dan berjodoh dengan Buddha Amitabha, mengikuti Buddha Amitabha terlahir ke Alam Sukhavati, tiada yang tidak dipuji, tiada yang tidak membuatNya ikut bersukacita”.

Amitayurdhyana Sutra menyebutkan bahwa ketika Bodhisattva Mahasthamaprapta berjalan, segala sesuatu di sepuluh penjuru alam akan berguncang, di permukaan tanah yang berguncang akan muncul 50 miliar kuntum bunga mustika, kuntum-kuntum bunga mustika tampak penuh kewibawaan, ibarat Alam Sukhavati.

Ini mengungkapkan keberhasilan Bodhisattva Mahasthamaprapta dalam mengajari dan menyelamatkan para makhluk, disebutkan bahwa di permukaan tanah yang berguncang akan muncul 50 miliar kuntum bunga mustika, kuntum-kuntum bunga mustika tampak penuh kewibawaan, ibarat Alam Sukhavati.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2016

觀音、勢至是阿彌陀佛的左右手,幫助阿彌陀佛;跟阿彌陀佛特別有緣分,早就成佛了,示現為阿彌陀佛的助手。「《觀經》曰:以智慧光,普照一切,令離三途,得無上力,是故號此菩薩名大勢至。」大勢至菩薩能幫助我們,用今天的話來說,恢復自性的正能量,他有這個大勢力能幫助我們,所以名大勢至。

「又《思益經》曰:我(大勢至菩薩)」,這個我是大勢至菩薩自稱,「投足之處,震動三千大千世界及魔宮殿,故名大勢至。」他的能量確實是大,他所到的地方,震動三千大千世界,魔宮殿也受震動。為什麼?許許多多的人,因為這個法門而得度,真成就了。這個震動有兩個意思,一個是歡喜,看到這麼多人,到極樂世界去作佛去了,另外看到是,一邊看的是,這個世界造作許多惡業的人,跟佛有緣,都跟佛去了,沒有不讚歎,沒有不歡喜的。「《觀經》又云:此菩薩(大勢至)行時,十方世界一切震動,當地動處有五百億寶華,一一寶華莊嚴高顯,如極樂世界。」這是說菩薩教化眾生的成就,說得更詳細,地動之處所有五百億寶華,一一寶華莊嚴高顯如極樂世界。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三五O集)  2016/7/11





 

Bodhisattva Mahasthamaprapta memiliki kebijaksanaan, kemampuan gaib, kekuatan yang setara dengan Buddha Amitabha, apa yang dapat diwujudkan oleh Buddha Amitabha juga dapat diwujudkan oleh Bodhisattva Mahasthamaprapta.  

Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta memiliki penampilan yang serupa, perbedaannya ada pada mahkota yang dikenakan, di dalam mahkota yang dikenakan oleh Bodhisattva Avalokitesvara ada sebuah rupang Buddha Amitabha, sedangkan di dalam mahkota yang dikenakan oleh Bodhisattva Mahasthamaprapta terdapat sebuah botol mustika.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2016

「故《大日經疏五》曰:如世國王大臣,威勢自在,名為大勢。言此聖者(大勢至),以至得如是大悲自在之位,故以為名。」大勢至菩薩確實名符其實,他的智慧、神通、道力、感應跟阿彌陀佛相比完全平等,彌陀所示現的他統統能示現。我們心目當中把彌陀擺在第一,這些菩薩出現給我們示現的,我們能看得見的、體會到的,全是阿彌陀佛。這些阿彌陀佛是什麼?是觀音、勢至應以佛身得度者即現佛身而為說法。不但是我們,比我們功夫高的,得事一心不亂的,得理一心不亂的,證得法身菩薩的,也不例外。這才顯示出大乘教裡面的大自在,智慧、神通、道力不可思議,無法想像,都示現在度化眾生這些現相上。

下面又說,「《觀經》謂大士於肉髻上有一寶瓶,盛諸光明,普現佛事。餘諸身相,如觀世音,等無有異。」觀音、勢至身相完全相同,不相同的就是帽子,戴的帽子上,觀世音菩薩這個帽子當中,有一尊阿彌陀佛的像,而大勢至菩薩的這個帽子上是個寶瓶,就像一個花瓶,有一個寶瓶,這是差別,除這個,身相沒有兩樣。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三五O集)  2016/7/11





 
  
 “Dua Bodhisattva ini di alam saha, melatih Jalan Bodhisattva, terlahir di Negeri Buddha Amitabha, senantiasa berada di samping kanan dan kiri Buddha Amitabha”.

Kalimat ini amat penting, semoga kita mengingatnya. Mengapa Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta memiliki hubungan yang sangat dekat dengan diri kita? Oleh karena pada masa lampau, Mereka melatih diri di alam saha ini, lalu berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Sekarang kita terlahir di alam manusia ini, maka itu memiliki jalinan jodoh yang istimewa dengan Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta, Mereka berdua pernah tinggal di alam ini, hari ini kita juga terlahir di sini.   

Kalimat selanjutnya adalah “Dua Bodhisattva ini melatih Jalan Bodhisattva di alam saha ini, terlahir ke Alam Sukhavati, menampilkan teladan bagi semua makhluk di sepuluh penjuru alam, supaya semua makhluk juga membangkitkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati”.    

Menampilkan teladan bagi semua makhluk di sepuluh penjuru alam, “sepuluh penjuru” maksudnya adalah seluruh alam semesta, baik masa lampau, masa sekarang maupun masa mendatang, tiada satupun yang ketinggalan, Mereka (Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta) bertekad membantu semua makhluk agar melafal Amituofo bertekad lahir ke Tanah Suci Sukhavati, tekad Mereka adalah sedemikian agungnya.

Saya juga berharap praktisi sekalian juga dapat membangkitkan tekad yang serupa dengan Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta, hari ini kita lahir di Planet Bumi ini, semoga kita dapat membawa semua makhluk yang ada di Planet Bumi ini ke Alam Sukhavati. 

Bagaimana caranya? Yakni setiap selesai kebaktian pagi dan sore, baik kebaktian rutin maupun tidak rutin, melimpahkan jasa kebajikan dari melafal Amituofo kepada semua makhluk di Dharmadhatu dan seluruh semesta alam.

Para makhluk di dalamnya juga mencakup makhluk di alam binatang, alam setan kelaparan dan neraka. Semua makhluk berjodoh dengan Buddha Amitabha, berjodoh dengan Tanah Suci Sukhavati, kita semuanya harus membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, berniat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta merupakan teladan yang terbaik bagi kita semuanya, yang bertekad membantu semua makhluk agar melafal Amituofo bertekad lahir ke Tanah Suci Sukhavati. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2016

【此二菩薩。於娑婆界。修菩薩行。往生彼國。常在阿彌陀佛左右。】
這一段很重要,希望我們記住。菩薩跟我們關係為什麼這麼密切?他是這個地球上,在這地球上修行的人,成功了,往生極樂世界。我們今天也到這個地球上來做地球人,跟他有這一分好的緣分,這個地方他以前住過,我們今天也來了。接著我們看註解,「此二菩薩皆是在此娑婆世界行菩薩道,往生極樂,為十方人民示此典範,普願眾生求生淨土。」他們在十方世界,十方就是講全宇宙,過去、現在、未來,四方、四維、上下,沒有一處漏掉的,這個裡頭所有的眾生,他都想幫助大家念佛往生淨土,這麼大的誓願。我希望我們今天的同學,也要發觀音、勢至的大願,我們今天生在地球上,希望把地球上所有眾生,都帶到極樂世界去。那怎麼修?早晚課,定課散課,將念佛功德都迴向給法界虛空界一切苦難眾生。這個眾生包括畜生道,包括餓鬼道,包括地獄道,在地球表面,包括植物,花草樹木,包括山河大地,水神山神,地球上所有這些生靈,用生靈兩個字統統概括盡了,都跟阿彌陀佛有緣,都跟淨土有緣,大家都發心信願持名,求生淨土,這就對了。觀音、勢至是我們最好的榜樣。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三五O集)  2016/7/11