Sabtu, 18 Juni 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juni 2016


Melenyapkan semua kejahatan dan menimbun semua kebajikan, namun kejahatan yang dilakukan malah lebih banyak! Apa yang dimaksud dengan kejahatan? Membunuh, mencuri, perbuatan asusila adalah kejahatan, berbohong, mengadu domba atau menfitnah, berkata kasar, merayu atau membujuk adalah kejahatan, lobha, dosa dan moha adalah kejahatan. 

Diantara para praktisi ada juga yang melakukannya, bahkan anggota Sangha ada juga yang melakukannya, kenapa berani melakukannya? Oleh karena tidak memahami Buddha Dharma, tidak percaya pada Hukum Karma, makanya dia berani melakukannya.

Ada orang yang bertanya padaku, apakah orang-orang ini masih bisa kembali ke jalan yang benar? Saya menjawab, pasti bisa kembali ke jalan yang benar, sampai pada satu hari nanti, pasti akan tercerahkan, kapankah itu? Yakni saat ajal tiba.

Bukanlah Buddha yang datang menjemput, tapi petugas Neraka yang datang menjemput, barulah anda memahami dan tercerahkan, jadi mengerti akan semuanya, namun apa daya, sesal kemudian tak berguna, sudah terlambat.

Sekali jatuh ke tiga alam rendah adalah lima ribu kalpa lamanya, waktu yang begitu panjang, bertumimbal lahir di tiga alam rendah yakni Neraka, Alam Setan Kelaparan dan Alam Binatang.

Jika ingin terlahir lagi sebagai manusia, harus menunggu lima ribu kalpa kemudian, barulah memperoleh kesempatan untuk bisa datang ke dunia ini lagi, andaikata terlahir pada waktu tidak adanya Buddha Dharma di dunia, maka setelah meninggal dunia, jatuh lagi ke tiga alam rendah, harus melewati lagi waktu lima ribu kalpa, sungguh kasihan dan memprihatinkan, jadi tidak boleh melakukannya!

Maka itu saya selalu menasehati orang agar mau melepaskan, semua ucapan yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni di dalam sutra adalah benar adanya, tidak ada satupun kata yang mengandung kebohongan. Banyak orang yang meragukannya, kenyataannya Buddha tidak pernah berdusta, andaikata masih berbohong maka tidak bisa disebut sebagai Buddha.

Seseorang yang benar-benar dapat melakukan : “Tidak bersaing dengan orang lain, takkan mendambakan dunia ini”; apa yang kamu miliki, saya takkan menginginkannya, sebaliknya apa yang saya miliki dan kamu menghendakinya, saya juga akan mengalah dan memberikannya padamu.

Sepanjang hidup kami, selama 60 tahun sekian belajar Buddha Dharma, inilah yang kami pelajari. Bahkan vihara, anda mau saya juga berikan padamu, saya telah melepaskan banyak vihara.

Saya berharap kamu benar-benar dapat tercerahkan, benar-benar dapat kembali ke jalan yang benar.

Kita fokuskan pikiran dengan membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, apabila di dunia ini masih ada satu hal saja yang belum bisa dilepaskan, maka takkan bisa terlahir ke tanah suci. Bila anda benar-benar ingin ke sana, maka lepaskanlah, lepaskanlah dengan penuh sukacita.

Sepanjang hidupku saya hanya sendirian, tidak mempunyai vihara, sepanjang hidup ini takkan mengurusi orang lain, takkan menangani urusan, juga takkan mengurus keuangan, sungguh bebas dan leluasa!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juni 2016


斷惡修善,斷一切惡,修一切善。幹壞事多!什麼是壞事?殺、盜、淫是壞事,妄語、兩舌、惡口、綺語是壞事,貪、瞋、痴是壞事。學佛的人幹了,甚至於出家的人也幹了,為什麼敢幹?教理不明,因果不相信,他敢幹。有人問我,這些人能不能回頭?我答覆的是一定會回頭,到了有一天一定恍然大悟,那什麼時候?壽命終了的時候。不是佛來接引,是陰差,無常來接引,你就明白、就覺悟了,統統知道,來不及了。三途一墮五千劫,這麼長的時間,地獄、餓鬼、畜生,三惡道輪迴。要碰到人身,五千劫之後,才有個機會到人間來。到人間來好不容易,到人間來要是沒有佛法,人死了之後又回到三途去了,又要經歷五千劫,好可憐、好悽慘,不能幹!

所以我勸人要放下,佛在經上所說的,真話,沒有一個字是假話。很多人以為是假話,我肯定它是真話,佛沒有妄語,佛要有妄語那不叫佛。一個人真正做到於人無爭、於世無求,你有的我不要,我有的你要,我就給你。我們這一生,學佛六十多年就學這個。連道場你要我都給你,我放棄了好幾處的道場。我希望你真正覺悟,真正回頭,回頭是岸。我們一心一意就求往生西方極樂世界,這個世界有一絲一毫放不下,就去不了。你要想去,統統放下,歡歡喜喜的放下。我這一生孤家寡人一個,沒有道場,一生真正能有緣,不管人、不管事、不管錢,真自在!

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三四五集)  2016/6/9