Senin, 08 Agustus 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Juli 2016



Dua hari yang lalu ada seorang praktisi yang memberitahu padaku, saya tidak tahu apakah kabar burung ini berasal dari lingkungan internal atau eksternal Agama Buddha, menyebarluaskan sebuah berita palsu. Apa yang dikatakannya?

Dikatakan bahwa ada orang Inggeris membangun sebuah gereja dan diserahkan kepada Master Chin Kung. Tidak ada hal sedemikian rupa, saya percaya isu ini bukan dihembus oleh praktisi kita.

Isu ini bahkan dilontarkan sampai tampak begitu nyata, bahkan mengatakan Pangeran Kerajaan Inggeris juga datang menjadi saksi, saksi bahwa telah diserahkannya sebuah gereja kepada diriku.

Semoga praktisi sekalian janganlah menyebarluaskan kabar bohong ini, kenyataannya tidak ada hal sedemikian rupa.       

Sepanjang hidupku, saya tidak mempunyai vihara, cuma memiliki sebuah Pure Land Learning College yang berdiri di Toowoomba Australia. Tempat tersebut diperuntukkan buat para praktisi yang selama ini mengikuti diriku, para anggota Sangha yang masih berusia muda, lebih dari 20 orang, yang tidak memiliki tempat huni, yang sedang belajar memberi ceramah Dharma, sebagian vihara tidak menyukai kehadiran mereka, maka itu saya membangun sebuah vihara buat mereka, setelah selesai dibangun, saya serahkan kepada mereka, kemudian saya meninggalkan Australia, tentunya praktisi sekalian mengetahui hal ini.

Vihara yang satunya lagi ada di Tainan, Taiwan, yakni Vihara Sukhavati (Ji Le Si), vihara ini juga dibangun berkat sebuah jalinan jodoh, tanah bangunan tersebut dipersembahkan oleh seorang praktisi kepada diriku. Saya tidak memiliki niat untuk membangun vihara, tetapi oleh karena praktisi itu telah menyerahkan tanah bangunan padaku, maka pasti akan ada praktisi lainnya yang akan datang mencariku : “Bagaimana kalau kita membangun vihara?”

Bangunan vihara tentunya dipergunakan oleh para praktisi setempat. Kemudian saya memberitahu praktisi itu bahwa vihara di Taiwan sudah sedemikian banyaknya, vihara baru ini takkan menambah maupun mengurangi jumlah yang sudah ada, sungguh tiada maknanya.    

Lalu praktisi itu bertanya, jadi harus membangun vihara yang bagaimana barulah punya makna? Saya menjawab, apa yang tidak ada di Taiwan.

Vihara yang bagaimana yang tidak ada di Taiwan? Vihara yang menyerupai sekolah yang belum ada di Taiwan, sebagian besar vihara di Taiwan mengadakan upacara ritual sebagai kegiatan utamanya, sedangkan vihara tempat pendidikan tidak ada.

Lalu praktisi itu menjawab, kalau begitu, kita bangun vihara sekolah saja. Saya jawab boleh, ini adalah vihara yang belum dimiliki oleh Taiwan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Juli 2016


前天有個同學告訴我,我不知道是佛門的還是佛門外的,散布一個信息,是假的不是真的。說什麼?說英國人建立一個教堂送給淨空法師。沒這回事情,我相信不是我們同學造謠,不是的。說得有聲有色,還說王子來作證,證明送給我一個教堂。希望大家不要妄傳,根本沒這回事情。我這一生沒有道場,只有一個是建立在澳洲圖文巴,那是常年跟著我在一起學習,年輕的出家人,二十多個人,沒地方住,都是學講經,學教的,一般道場不太歡迎,我替他們建了個道場,建好之後就交給他們,我就離開澳洲了,這大家知道的。另外一個就是在台南有個極樂寺,這是因為我這個緣建造的,那一塊土地是同修(佛教徒)供養給我的。我沒有建道場的念頭,人家有人送地來了,就有人來找我:我們建個道場好不好?建道場,當然是當地同修他們使用的。我就告訴大家,我說台灣的寺廟夠多了,有你一個不多,沒你一個不少,沒意思。他說那要建一個什麼樣的道場才有意義?我說台灣沒有的。什麼樣的道場台灣沒有?學校的道場沒有,台灣寺廟多半還是以經懺佛事為主,做法會為主,教學的道場沒有。他說那我們建個教學道場。我說那可以,台灣沒有的道場。

文摘恭錄 二O一四淨土大經科註  (第三六O集)  2016/7/25