Sabtu, 29 Oktober 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Oktober 2016


Buddha Amitabha mengikrarkan 48 tekad agung, dengan 48 tekad agung menjemput semua makhluk meskipun bagi yang menciptakan karma buruk, dapat membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati, terlahir di tanah suci tingkatan terendah, yakni tanah suci tempat kediaman orang awam dan insan suci.

Alam saha ini meskipun juga merupakan tempat kediaman orang awam dan insan suci, namun bukanlah tanah suci, tetapi adalah tanah keruh. Sedangkan tempat kediaman orang awam dan insan suci di Alam Sukhavati barulah merupakan Tanah Suci.

Tanah Suci di Alam Sukhavati, dari mana asalnya? Yakni dari pemberkatan kewibawaan tekad agung Buddha Amitabha, terwujud dari jasa kebajikan Buddha Amitabha selama kalpa yang tak terhingga.

Buddha Amitabha senantiasa mempertimbangkan segala apa yang terbaik buat diri kita, asalkan kita yakin padaNya, yakin bahwa Alam Sukhavati adalah nyata adanya, maka anda telah memenuhi syarat untuk terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Tak peduli apakah ketrampilan melatih diri yang dimiliki itu dalam atau dangkal, bukanlah masalah, meskipun sampai pada sehela nafas terakhir, asalkan masih sempat melafal sepatah Amituofo, maka itu Pintu Dharma ini memberikan keleluasaan yang sedemikian luasnya, tiada lagi pintu Dharma lainnya yang sebanding dengannya.

Sesampainya di Alam Sukhavati, guru yang akan mengajarimu hanyalah satu saja yakni Buddha Amitabha, dimanapun anda berada, anda akan merasakan bahwa Buddha Amitabha langsung mengajarimu seorang.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Oktober 2016

阿彌陀佛曾經發過四十八願,四十八願,接引這些造作罪業的眾生,帶業往生淨土,生到極樂世界凡聖同居淨土。我們這個地方,六道是凡聖同居穢土,不是淨土。極樂世界的同居土,它是淨土,它不是穢土,跟我們完全不一樣。它的淨從哪裡來的?阿彌陀佛本願威神加持的,與我們修行不相干。同時,阿彌陀佛無量劫功德的成就,莊嚴極樂世界,這是我們修淨土的人不能不知道、不能不感恩。

阿彌陀佛,方方面面都替我們想到了,只要我們相信這個世界真有,相信極樂世界真有阿彌陀佛,你就具足往生極樂世界的條件。念佛功夫淺深沒關係,甚至於臨命終時,這一口氣還沒斷,最後這口氣念的是阿彌陀佛,都能往生,方便到究竟處,沒有比這個更方便。在極樂世界誰教你?告訴你,極樂世界老師只有一個人,一個老師,阿彌陀佛。怎麼個教法?給諸位說,個別教法,你在那個地方所感覺到的,阿彌陀佛只對我一個人講。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三八三集)  2016/10/20




 

Buddha Sakyamuni tidak pernah mengelabui orang, dalam mengajari Dharma, Sang Buddha menggunakan Upaya Kausalya (cara yang mudah dan praktis), tetapi kalau cara itu bertentangan dengan kebenaran, Buddha dan Bodhisattva takkan menggunakannya, apa alasannya?

Cara yang tidak benar, biasanya digunakan oleh Mara dan makhluk halus jahat lainnya, maka itu Buddha takkan menggunakannya. Buddha menggunakan ajaran, tidak menggunakan kemampuan gaib.  

Sang Buddha mempunyai kemampuan untuk memperlihatkan langsung kepada kita “Sepuluh penjuru alam”, seperti menonton televisi, tetapi mengapa Sang Buddha tidak melakukannya? Oleh karena kemampuan gaib juga dimiliki oleh Mara dan makhluk halus jahat lainnya, andaikata Sang Buddha menggunakan kemampuan gaib, maka Mara dan makhluk halus jahat lainnya bisa menyamar jadi Buddha dan Bodhisattva, sehingga anda tidak tahu membedakannya. Maka itu Buddha takkan menggunakan kekuatan gaib, alasannya terletak di sini.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Oktober 2016

佛從來不說妄語,從來不欺騙人。教學有的是方法,不是正當的方法,佛菩薩決定不用,為什麼?不正當的方法,妖魔鬼怪都會用,所以佛不用,佛用教學,不用神通。佛有能力把十法界像電視一樣顯示在我們面前,讓我們看清楚,有這個能力為什麼不顯?這種能力妖魔鬼怪也有,幻術,如果佛用這種方法,妖魔鬼怪可以冒充佛菩薩,你就沒辦法辨別了,所以佛有神通不用神通,道理在此地。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三八三集)  2016/10/20


 

 
 
Mengapa praktisi pelafal Amituofo jumlahnya banyak, tetapi yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati jumlahnya sedikit? Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) semasa hidupnya senantiasa mengingatkan kami, beliau mengambil “Asosiasi Lotus Taichung” sebagai perumpamaannya, dari sepuluh ribu praktisi di Asosiasi Lotus, yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati cuma tiga atau lima orang saja.

Ucapan Guru Li adalah sebelum tahun 1965, lantas bagaimana pula dengan masa kini? Kalau sekarang mungkin dari sepuluh ribu praktisi, sulit ditemukan satu orang saja. Kenapa bisa berubah jadi begini?

Oleh karena kita tidak serius mengamalkan ajaran sutra, setiap hari mulut kita membaca sutra, tapi tidak mengamalkannya, maka itu tabiat jelek tidak berdaya diperbaiki.

Terutama tabiat berat yang sering-sering kambuh, sungguh menakutkan, diri sendiri tidak menyadarinya, ketika orang lain datang memberi nasehat malah tidak senang, bukan hanya tidak sudi mendengar, bahkan menunjukkan sikap menolak mentah-mentah, memalingkan muka dan berjalan pergi, untuk selanjutnya takkan bertatap muka lagi, masalah ini begitu berat, bahkan ada di depan mata kami.   

Maka itu niat pikiran kita yang timbul, Buddha mengetahuinya, mengapa Buddha Amitabha tidak datang menjemputmu? Oleh karena anda tidak bisa diandalkan, kalau sesampainya di Alam Sukhavati, tabiat jelek anda sempat kambuh, bahkan mempengaruhi orang lain, maka akan merusak suasana vihara, jadi bagaimana boleh menjemputmu? 

Maka itu saya selalu menasehati praktisi sekalian, kita mesti serius mengamalkan ajaran yang tercantum di dalam sutra, saat sekarang ini juga menjadi siswa Buddha Amitabha yang baik, saat ajal menjelang, Buddha Amitabha sangat bersukacita datang menjemputmu.

Sebaliknya kalau tidak mau serius mengamalkan ajaran, orang lain tidak tahu akan kemunafikan-mu, anda bisa mengelabui orang lain, tapi anda tidak bisa mengelabui Buddha Amitabha, anda tidak bisa membohongi penduduk Alam Sukhavati.

Dan diantara penduduk Alam Sukhavati ini, banyak yang merupakan orang yang berjodoh dengan kita, pada masa kelahiran-kelahiran lampau, Mereka juga pernah berada bersama kita, tak peduli hubungan itu berupa sanak keluarga, kerabat dan lain sebagainya.

Saat ajal menjelang, Mereka ini akan mengikuti Buddha Amitabha datang menjemput kita, sampai di Alam Sukhavati berkumpul kembali, betapa sukacita terasa, betapa gembiranya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Oktober 2016

為什麼念佛的人多,往生的人少?李老師在世的時候常常提醒我們,他以台中蓮社做例子,蓮社同修,一萬個人裡面,念佛人,真正能往生的三、五個而已,提醒我們。這是六十五年前的事情,現在大概一萬個人當中,可能難得有一個。為什麼會變成這樣?我們這些念佛人對於經、對於教確確實實沒有依教奉行,「隨經約令」這一句話,就是依教奉行,佛的經典天天在讀,沒去做,所以自己毛病習氣沒有辦法改過來。這些深重的習氣時時會發作,非常可怕,自己不知道,別人勸勉不歡喜,不但不聽,完全表示拒絕,甚至於掉頭而去,以後永不見面,這問題嚴重,而且就在我們眼前。所以我們起心動念佛知道,阿彌陀佛為什麼不來接引你?你靠不住,你到極樂世界如果一發作,還影響別人,還破壞道場風氣,這怎麼能接引你?

所以我常常勉勵同學,我們要把經典裡面的教訓認真做到,現在就做阿彌陀佛的好學生,到臨終,阿彌陀佛很歡喜的來接引你。你不能夠順從,不能依教奉行,人不知道,你能欺騙別人,你騙不了阿彌陀佛,你騙不了西方世界的大眾。這大眾裡面,有很多跟我們有關係的人,過去生生世世在一起的,什麼關係都有,我們往生,他們都隨著阿彌陀佛來接引你,到極樂世界又團聚了,無量劫來家親眷屬、同學、伴侶又回到極樂世界團聚,你說你多歡喜、多開心。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三八三集)  2016/10/20


 

 
 
Bodhisattva dalam usahanya mencapai KeBuddhaan harus yakin pada Hukum Sebab Akibat, yakni melafal Amituofo sebagai benih sebab, mencapai KeBuddhaan sebagai buah akibat.

Namun sayangnya, banyak Bodhisattva yang tidak percaya, maka itu anda tidak perlu merasa tidak nyaman kalau tidak berhasil mengajak orang lain ikut melafal Amituofo. Bodhisattva saja ada yang tidak percaya, apalagi manusia.

Jadi, orang yang yakin pada Hukum Sebab Akibat ini, merupakan orang yang istimewa, orang ini adalah seperti yang disebutkan dalam sutra (Sutra Usia Tanpa Batas), yakni selama kalpa lampau yang tak terhingga, dia pernah memberi persembahan kepada para Buddha Tathagata yang tak terhingga, pada satu masa kehidupan sekarang, dia terlahir sebagai manusia, bertemu dengan Buddha Dharma, juga memperoleh pemberkatan dari para Buddha Tathagata, barulah dia mampu meyakini Ajaran ini. 

Hari ini bila kita masih merasa ragu pada Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, maka ketahuilah bahwa pada masa kelahiran lampau belum memberi persembahan kepada para Buddha yang tak terhingga, tidak memiliki pahala yang begitu besar, barulah sekarang masih ragu-ragu. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Oktober 2016

菩薩希望成佛,那你要深信因果,什麼是因?念佛是因,成佛是果。這個很多菩薩不相信,所以很多人不相信,你就別怪他,菩薩都不信,人怎麼會相信。要能深信因果的人,這人很了不起,這個人就像佛經上說的,過去無量劫中,他曾經供養無量諸佛如來,這一生得人身,遇到佛法,又得諸佛如來的加持,他才肯相信。我們今天,如果對於念佛往生半信半疑,自己就知道過去生中未曾供養那麼多諸佛,沒有那麼大的福報,所以才半信半疑。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三八三集)  2016/10/20


 

 

Di sini ada kalimat yang menyebutkan bahwa terhadap ajaran sutra, tidak boleh merusaknya, tidak boleh menambah atau mengurangi isi sutra.

Pada jaman berakhirnya Dharma, fenomena ini telah muncul, sekarang ada begitu banyak, mengapa demikian? Mengubah isi sutra, menuruti penafsiran sendiri lalu mengubahnya, kemudian dicetak dan disebarluaskan. Bagi praktisi pemula tentu mudah saja dikelabuinya.

Oleh karena perkembangkan teknologi dan biaya percetakan yang cukup murah, sehingga buku sesat begini begitu mudah tersebar luas. Begitu dilihat ternyata didalamnya ada yang mengutip isi sutra dan sebagian lainnya dikarang sendiri.

Lihatlah orang sesat ini berani mengubah isi buku sutra, buah akibat karma buruk ini begitu berat, kelak pasti jatuh ke Neraka Avici, meskipun Bodhisattva Ksitigarbha begitu ber-maitri karuna juga tidak sanggup menyelamatkannya.  

Buku “Sutra Usia Tanpa Batas” yang dirangkum oleh Upasaka Xia Lian-ju, takkan ditemukan kejadian begini. Di dalamnya setiap aksara, setiap kata, murni diambil dari lima versi terjemahan, dirangkum jadi satu buku tanpa mengubah isinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Oktober 2016

這裡頭還有一句,無得為妄,增減經法。這在末法裡頭,這個現象出來了,現在很多,為什麼?把佛經改了,隨著他自己的意思改了,也印出來出版,對佛法沒有相當深基礎的人,就會被騙了。這種宣傳小冊子,由於現在印刷術太發達,成本太低,流通的這些東西,我們打開一看,裡面有真的、有假的,在經書裡面抄來的,經文偈頌是真的,後面他自己寫的是假的。你看看,增減經法,添枝添葉,他增的,減的什麼?他把它刪掉的。這個都是大錯特錯,這個造的罪業重,將來的果報在無間地獄,地藏菩薩再慈悲也救不了他。所以過去,我們在增減經法裡面,你去看會集本,王龍舒的會集本有沒有?有,少,不多,只有幾句。魏默深的本子也有,夏蓮老這個本子裡頭就找不到了,他這個本子裡頭,每一字、每一句都是五種原譯本的原文,把它重新組合編成會集本,一字一句不敢改動,這真正做到了。所以夏老會集本值得人尊敬,在此地,確實是負責任,為會集本做一個標準的本子,為《無量壽經》標準本子。所以這個本子出來之後,魏默深的本子、王龍舒的本子,學習的人就很少了。非常可惜,這個本子印光法師沒看到,如果印祖看到給我們作證,我們對這個本子就沒有疑惑了,也不敢毀謗。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三八三集)  2016/10/20