Senin, 01 Februari 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Januari 2016


Konfusius mengatakan bahwa “Ketika teori yang dipelajari dapat diamalkan, maka betapa bahagia rasanya”, Ajaran Mahayana menyebutkan, Bodhisattva bersukacita dalam Dharma, senantiasa membangkitkan hati yang penuh sukacita, ini adalah nyata adanya.

Senantiasa membangkitkan perasaan sukacita, Bodhisattva tiada kekhawatiran, tiada masalah yang membuatnya gelisah, mengapa demikian? Oleh karena telah melepaskan segala kemelekatan, dunia ini sudah tiada kaitannya lagi dengan diri sendiri, tinggal di dunia ini dan belum beranjak pergi, adalah karena maha maitri maha karuna, membantu para makhluk agar terbebas dari penderitaan, membantunya agar menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, membantunya menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan.

Bila dapat berhasil membantunya, ini adalah karena para makhluk memiliki berkah; sebaliknya apabila gagal, saya sudah mengerahkan segenap kemampuanku, namun halangan datang bertubi-tubi, maka ini dikarenakan para makhluk tidak memiliki berkah. 

Maka itu kita mengerahkan segenap kemampuan untuk menwujudkan pekerjaan tersebut, Buddha Dharma menyebutnya sebagai jasa kebajikan yang tak terhingga, tak peduli berhasil atau gagal, juga disebut sebagai jasa kebajikan yang tak terhingga. Mengapa demikian? Apabila gagal, penyebabnya bukan ada pada diri sendiri, tetapi oleh karena jodoh luar yang belum masak, ada orang lain yang datang merintangi, ada orang yang datang mengacaukannya, sehingga kita tidak berhasil menwujudkannya, saya tidak berhasil membantumu.

Maka itu, Ajaran Buddha menitikberatkan pada niat hati, anda telah berusaha semaksimal mungkin, namun apa daya, semua ini berasal dari jodoh luar yang belum masak, maka itu meskipun gagal, namun jasa kebajikan anda adalah sempurna.

Jadi bukan berarti harus terlihat hasilnya secara nyata, barulah jasa kebajikan bisa sempurna. Meskipun hasilnya tidak ada, namun jasa kebajikan tetap sudah sempurna, karena anda telah mengerahkan segenap kemampuan yang dimiliki, jadi dinilai dari sini.

Bila memang berjodoh (ada kesempatan), anda malah tidak berusaha semaksimal mungkin, meskipun anda memiliki jasa kebajikan namun tidak sempurna, ada celahnya. Beginilah Buddha Dharma menilai dari segi ini, kebenaran ini haruslah kita pahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Januari 2016


夫子所說的「學而時習之,不亦說乎」,大乘所說的,菩薩法喜充滿,常生歡喜心,是真的不是假的。永遠歡喜,他沒有憂慮,他沒有犯愁的事情,為什麼?全放下了,這個世界與自己無關,住在這個世界還不離開,那是大慈大悲,幫助苦難眾生,幫助他破迷開悟,幫助他離苦得樂。能幫上忙,眾生有福;幫不上忙,我已經盡力了,障礙重重,眾生沒福。

所以我們統統盡心盡力,在佛法講無量功德,無論做成功、做不成功都是無量功德。為什麼?做不成功原因不在自己,是在外頭緣不具足,有人障礙,有人破壞,讓我們不能成功,不能幫助你。所以,佛法講論存心,你的心盡到了,力不從心是外緣不足,所以功德是圓滿的。不一定要完全兌現,功德圓滿,兌不了現,功德也圓滿,盡心盡力,從這上看。有這個緣分,你不能盡心盡力,你雖有功德,不圓滿,有欠缺。佛法是這麼論的,這些道理我們要懂。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三O六集)  2016/1/25







Dalam jiwa yang suci terdapat raga yang suci; dengan raga yang suci maka lingkungan tempat hunian anda juga akan suci, negeri ini juga merupakan lingkungan hunian kita. Maka itu apabila ada praktisi sejati yang menghuni di sekitar atau di dekat tempat tinggal kita, maka di wilayah tempat tinggal kita takkan ada bencana, meskipun ada bencana, namun wilayah kita merupakan yang paling ringan terkena dampaknya. Maka itu harus benar-benar menghormati praktisi sejati.

Jadi yang manakah praktisi sejati tersebut? Beberapa hari yang lalu ada seorang anggota Sangha yang datang mengunjungiku, kami sudah saling kenal dan akrab. Saya bertanya padanya, apakah di vihara kalian terdapat Opa Oma yang melafal Amituofo? Inilah yang disebut sebagai praktisi sejati. Opa Oma yang siang malam hanya tahu melafal Amituofo, anda bertanya padanya, dia tidak tahu apa-apa. 

Bhiksu ini menjawab bahwa di viharanya memang ada praktisi sejati sedemikian rupa, sesungguhnya Opa Oma ini adalah Buddha Amitabha, anda bertanya apa saja ke Opa Oma, jawabannya pasti adalah Amituofo, sepertinya selain Amituofo, mereka tidak tahu lagi mengucapkan kata kedua.

Sebagian orang meremehkan Opa Oma ini, Opa Oma yang tua renta tinggal di dusun, tidak mengenal huruf, hanya tahu melafal Amituofo. Saya mengatakan pada Bhiksu tersebut bahwa justru Opa Oma inilah adalah permata paling berharga, yang harus dihormati, mengapa demikian?

Oleh karena mereka benar-benar melafal Amituofo, mereka kelak pasti terlahir ke Alam Sukhavati, mereka pasti dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan, sedangkan kita malah tak sebanding dengannya, hati mereka suci, tiada bentuk-bentuk pikiran, hanya ada sepatah Amituofo saja. Orang-orang ini harus dihormati, dilindungi, dia kekurangan keperluan apa, haruslah dibantu, mempersembahkan sandang pangan untuk praktisi sejati ini, oleh karena keberadaan mereka, barulah vihara anda bencananya berkurang.

Opa Oma ini merupakan praktisi sejati, kita tak sebanding dengan mereka. Mereka berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, sedangkan kita tidak, kita masih saja berputar di enam alam tumimbal lahir, sungguh beda jauh dengan Opa Oma. Mereka menggenggam keyakinan penuh untuk terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu janganlah memandang rendah pada Opa Oma, memandang lebih jauh ke depan barulah bisa diketahui, mereka adalah Bodhisattva Alam Sukhavati, kembali melihat pada diri sendiri, tidak berdaya membebaskan diri dari enam alam tumimbal lahir, ini adalah nyata adanya. Maka itu beberapa untaian kalimat ini harus benar-benar diperhatikan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Januari 2016


心清淨,身就清淨;身清淨,你居住的環境就清淨了,這個國土就是我們居住的環境。所以真正修行人,有真正修行人住在我們這個地方,我們這個地方就不遭災難,縱然有災難,這個地方最輕。所以,對於真正修行人要恭敬。

哪些是真正修行人?前幾天有幾個出家人,我們也很熟,到這來看我。我就問他,你們寺廟周邊有沒有些阿公阿婆念阿彌陀佛的?真念,他一天到晚念阿彌陀佛,你問他什麼都不知道。他告訴我有,你問他,他就是阿彌陀佛,你問他什麼,他回答都是阿彌陀佛,好像除了阿彌陀佛之外,他不會說第二句話。一般人都瞧不起,這些鄉下老太太老阿公,不認識字,年歲老了,只會念阿彌陀佛。我告訴他,那些是寶,要尊重,為什麼?他們真念佛,他們將來真往生,他真的是一生成佛,我們不如他,他心清淨,他沒有煩惱,他就一句佛號。這些人,恭敬他,要保護他,他缺少什麼東西,要幫助他一點,吃的穿的供養一點,有他們,你這個寺廟災難少。這是真修行人,我們出家人不如他,比不上他。他能往生,我們不能往生,我們還搞六道輪迴,差遠了,他們往生真有把握。所以不能小看這些阿公阿婆,往前面再一看就曉得了,那是極樂世界的菩薩,回頭看看自己,沒有辦法脫離六道,這是真的不是假的。所以這幾句話要注意。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三O六集)  2016/1/25





 
  
Pikiran yang suci maka tubuh jasmani juga akan suci; dengan tubuh jasmani yang suci maka tempat hunian juga jadi suci, negeripun jadi suci. Masa kini, permukaan bumi dilanda bencana bertubi-tubi, tidak tahu kapan akan terjadi, juga tidak tahu di mana akan terjadi, maka itu tidak memiliki rasa aman, bukankah kehidupan ini begitu tersiksa! Lantas bagaimana?

Anda harus benar-benar tercerahkan, yakni melafal sepatah Amituofo, 24 jam siang malam lafalan Amituofo tak terputus. Kita dapat menwujudkan hal ini, maka lingkungan sekitar tempat hunian kita juga akan ikut memperoleh manfaatnya, wilayah sekitar tempat hunian kita akan berkurang bencananya, ini juga merupakan cara untuk menimbun sedikit jasa kebajikan, untuk membalas budi para makhluk di wilayah sekitar hunian kita, membalas tanah air kita. Ini merupakan balas budi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Januari 2016


心清淨了,身就清淨;身清淨,我居住的環境就清淨,國土就清淨了。現在地球上災難太多,不曉得什麼時候發生,不知道在哪裡發生,所以沒有安全感,你說這個生活多痛苦!怎麼辦?你要真正覺悟了,就是一句阿彌陀佛,二六時中佛號不斷。我們能夠這樣做,我們居住這個地方都沾光,居住這個地方災難少,這也是我們積這麼一點小功德,報答這個地方眾生恩,報答土地恩。這是報恩。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三O六集)  2016/1/25







Memiliki kemampuan yang serupa dengan Buddha Amitabha, yakni mampu menjelma hingga tubuh jelmaan yang tak terhingga, apa gunanya? Menjelajahi alam para Buddha. Para Buddha yang tak terhingga dan tanpa batas, anda juga memiliki tubuh jelmaan yang tak terhingga dan tanpa batas, setiap alam Buddha juga dapat anda kunjungi, setiap Buddha juga anda dapat bernamaskara padaNya.

Bernamaskara pada Buddha adalah menimbun berkah, mendengar pembabaran Dharma dari Buddha adalah mengembangkan kebijaksanaan, maka itu apa yang dilakukan oleh penduduk Alam Sukhavati? Yakni menimbun berkah dan kebijaksanaan sekaligus. Siapa yang datang mengajarimu? Yakni para Buddha Tathagata, bukan Bodhisattva, Bodhisattva adalah teman sekolahmu, gurumu adalah Buddha.

Sampai di Alam Sukhavati, serupa dengan telah sampai di seluruh alam para Buddha. Ini adalah kenyataan yang tidak boleh tidak anda ketahui, mengapa demikian?  Bila anda tidak mengetahuinya, hari ini merenungkan Bodhisattva yang satu ini, besok merenungkan pula nama Buddha itu, akhirnya bagaimana? Akhirnya masih saja berputar di lingkaran enam alam tumimbal lahir, satupun tidak berhasil dituju, ini sungguh disayangkan!

Bila anda benar-benar telah memahaminya, baguslah, saya tidak menginginkan hal lainnya lagi, saya hanya menghendaki sepatah Amituofo saja, asalkan saya berhasil menggenggam sepatah Amituofo, maka saya juga berhasil mencapai seluruh alam para Buddha, seluruhnya berhasil saya peroleh.

Berapa banyak praktisi yang tidak memahami kebenaran ini, tidak memahami fakta yang sesungguhnya, sehingga menyia-nyiakan kehidupan ini.

Maka itu praktisi senior jaman dulu mengajari kita, “Menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang”, budi kebajikan ini betapa besarnya! Anda menfokuskan pikiran pada lafalan Amituofo, anda pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati; anda masih ingin belajar pintu Dharma yang ini dan pintu Dharma yang itu, banyak belajar sedikit, pada akhirnya jadi kacau balau, satu tempatpun takkan berhasil anda tuju ke sana.

Maka itu metode “Menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang”, merupakan cara belajar yang diwariskan oleh insan suci dan bijak tempo dulu kepada kita, harus ditaati, yakni “Menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang”, tak peduli Buddha Dharma maupun ilmu pengetahuan duniawi.

Serupa dengan apa yang dimaksud pada era kini, mengharapkan anda jadi pakar, tidak berharap anda jadi kaya pengetahuan, semuanya anda pelajari tapi hanya tahu sebatas kulitnya saja, tidak terfokus, juga tidak mendalaminya.

Sedangkan bila anda menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma, sepanjang hidup hanya belajar satu Pintu Dharma ini saja, maka baik 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun, anda menjadi pakar di bidang tersebut.

Melangkah di satu jalur adalah benar dan tepat, pasti bisa mencapai tujuan, sebaliknya berjalan di banyak jalur, tidak bisa sampai di tempat tujuan, hanya bisa berjalan di tempat semula saja. Anda tidak berdaya memasuki pintu tersebut, jangankan bilang menguasainya, memasuki pintu saja tidak mampu, paling tidak hanyalah tahu kulitnya saja, pengetahuan semata, tidak ada gunanya, kebenaran ini haruslah dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Januari 2016


有這個能力,跟阿彌陀佛一樣,也能現無量無邊身,幹什麼?遊覽諸佛國土。諸佛無量無邊,你要化無量無邊身,每一個國土都去,每一尊佛都拜。拜佛是修福,聽佛講經說法是開智慧,所以極樂世界人幹的什麼?福慧雙修。什麼人來指導你?諸佛如來,不是菩薩,菩薩是同學,老師是佛。

到一個極樂世界,就到一切諸佛剎土了。這個事實真相你決定不能不知道,為什麼?你不知道,今天想念這個菩薩,明天想那個佛號,結果呢?結果到最後還是搞六道輪迴,一處都去不了,那就可惜了!你要是真正明白之後,好了,我什麼都不要求了,我只求阿彌陀佛一個,只要到達阿彌陀佛,就到達一切諸佛剎土,我全得到了。多少人不明白這個道理,不了解事實真相,把這一生耽誤了。所以,古大德教導我們,「一門深入,長時薰修」,這個恩德多大!你用心專一,你就決定往生;你還要學這個法門那個法門,多學一點,結果到最後亂了,一處都去不了。

所以「一門深入,長時薰修」,是東方,也就是大乘跟中國傳統文化古聖先賢教導我們學習的理念,決定要遵守。就是一門深入,長時薰修,無論世法佛法都一樣。也就是今天所謂的,希望你做專家,不希望你做通家,通是樣樣都通,樣樣都不通,都知道一點皮毛,不精,沒有深入。一門通對的,我只專攻一門,一生就搞一樣,十年、二十年、三十年,世界頂尖專家學者。走一條路正確,會走到目的地,同時走好多條路,走不通,原地踏步。你沒法子入門,別說精通了,入門都不行,頂多學一點皮毛常識,不管用,這個道理要懂。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三O六集)  2016/1/25