Senin, 10 Oktober 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Oktober 2016


“Cinta tidak berat takkan terlahir ke alam saha, pikiran tidak terfokus takkan terlahir ke Alam Sukhavati”, ini adalah ucapan praktisi jaman dulu. “Para makhluk melekat pada cinta dan sulit mengikhlaskan”, ini merupakan bentuk kemelekatan yang kuat.

Serakah akan ketenaran, kekayaan, rupa, keuntungan, walaupun cuma ada satu saja, maka akan mengundang problema besar, mungkin saja akan menghancurkan seluruh ketrampilan melatih diri sepanjang hidup, sungguh menakutkan.

Saya telah melihat kenyataan yang menimpa beberapa orang praktisi, mereka ini amat berbakat, sungguh sulit diperoleh, kami juga menaruh harapan yang besar pada diri mereka, namun akhirnya oleh karena “Tujuh Perasaan Emosional” (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan) dan “Lima Nafsu Keinginan” (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur), segalanya berakhir begitu saja, tidak mempunyai jalan kembali lagi.

Bukannya tidak membaca sutra, tiap hari membaca sutra, tiap hari memberi ceramah Dharma, namun sayangnya, lain di mulut lain di hati, tidak terjalin dengan ajaran sutra.         

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Oktober 2016


「愛不重不生娑婆,念不一不生淨土」,這古人說的。「眾生染執難捨」,染就是愛,執就是執著,堅固的執著。貪名、貪財、貪色、貪利,只要有一個麻煩就大了,可能把你一生修行的功夫完全毀掉,非常可怕。我見到好幾個,都是很優秀、很難得的,我們對他們都有期望,到最後遇到七情五欲,完了,再也回不了頭。不是不讀經,天天念經,甚至天天講經,講的是一回事,起心動念又是一回事,跟經不相應。

  文摘恭錄 — 二O一四淨土大經科註  (第三七五集)  2016/10/2