Rabu, 26 Oktober 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Oktober 2016 (Bgn 3)

 
Orang jaman dulu sebelum mencapai pencerahan takkan memberi ceramah Dharma, setelah mencapai pencerahan sempurna barulah boleh memberi ceramah Dharma, jadi bukan setiap orang boleh menjadi Dharma Duta (penceramah).  

Sama halnya pula dalam menulis penjelasan sutra, juga harus praktisi yang telah mencapai pencerahan sempurna, yang telah menemukan kembali jiwa sejati; kalau belum mencapai pencerahan sempurna maka tidak boleh memberi ceramah dan menulis penjelasan sutra.

Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) mendirikan Asosiasi Lotus Taichung, membuka kelas belajar ajaran sutra, diselenggarakan seminggu sekali selama tiga jam, mengajari cara berceramah.

Saat itu saya tidak berani mengikuti kelas ini, saya berkata pada Guru Li : “Guru, saya baru saja melangkah masuk ke dalam Pintu Buddha, tidak memahami ajaran sutra, katanya jaman dulu penceramah itu mesti merupakan praktisi yang telah mencapai pencerahan, saya mana berani?”

Guru Li menyuruhku ikut dengan beliau melihat-lihat ke kelas, sampai di dalam kelas, saya duduk di barisan paling belakang, usai itu guru bilang padaku, sekarang adalah jaman berakhirnya Dharma, tidak ada orang yang memberi ceramah Dharma, Buddha Dharma akan hilang dari peredaran, jadi bagaimana cara kita memberi ceramah?  

Yakni menceramahkan penjelasan sutra yang ditulis oleh praktisi tempo dulu, kalau ada yang salah, itu juga merupakan tanggung jawabnya, saya tidak bertanggung jawab.  

Saat permulaan mengikuti Guru Li belajar ajaran sutra, oleh karena penjelasan yang ditulis praktisi tempo dulu begitu mendalam, kami masih belum bisa memahaminya, jadi bagaimana guru menyampaikan-nya maka bagaimana pula kami menceramahkan-nya. Apa yang tidak dikatakan guru, diri sendiri tidak boleh menambahnya ke dalam, maka ini tidak salah, kalau ketinggalan sedikit juga tidak masalah.

Akhirnya kelas ini berkembang menjadi lebih dari 20 kelas, saat itu Buddha Dharma di Taiwan berkembang sangat pesat. Saat itu Asosiasi Lotus Taichung memiliki 17 cabang yang tersebar di seluruh pelosok Taiwan. Seminggu sekali, para penceramah akan saling bergantian memberi ceramah di 17 daerah tersebut. Hal ini memberi sumbangsih yang amat besar kepada masyarakat Taiwan.

Seberapa banyak yang sanggup dipelajari maka sebanyak itu pula yang diceramahkan, kalau ada bagian yang tidak terlalu dipahami dan tidak terlalu yakin, janganlah dipaksakan menceramahkan-nya keluar.

Membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, topik ini boleh diceramahkan, takkan ada salahnya, Master Lianchi mengakuinya, Master Ouyi mengakuinya, Master Yin Guang dan Guru Li juga mengakuinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Oktober 2016


弘法利生,現在是末法,末法已經到黑暗時代,這相,我們現象看到了。古時候的人,講經說法,沒有開悟不能講經,沒資格;大徹大悟你才能講經,不是人人都能講的。註疏、註解,給經論做註解,也是要大徹大悟、明心見性;不是到大徹大悟,不能講經,不能註經。李老師在台中建蓮社,開經學班,他這個班,一個星期只上一堂課,這一堂課三個小時,就是一個下午,教講經。他那個時候,我去的時候要我參加,我不敢。「老師,我剛剛進佛門,對於經教不懂,聽說古人講經說法都要開悟,我怎麼敢?」老師說,你跟我去看看。老師說你看看,那可以。我到講堂,坐在最後一排,我也坐在當中面對面看著老師。一堂課下來之後,老師告訴我,現在是末法時期,沒人講經,佛法要中斷了,我們怎麼講法?講古人註解,錯了他負責任,我不負責任。推給祖師大德,這個方法妙,才把我帶進這個講堂,我不敢進這個講堂,帶進講堂。

帶進講堂,真的,最初學講經時候就學李老師的,因為古人註解都有深度,我們一時還不能完全理解,老師怎麼講我們怎麼講。老師沒有講的,自己不要加東西進去,就沒有過失,漏掉幾句沒有關係,這就好辦了。所以這個小班還成就了二十多個講經的,那時候佛法在台灣很盛。台中蓮社有十七個布教所,分布在台灣各地,這十七個布教所,就是我們這個班裡頭二十多個同學輪流去講,一個星期講一次,輪流去講。這在台灣也做出了很大的貢獻。為人演說,自己學了,學多少就講多少,沒有把握的不要講,沒有搞清楚的不要講。信願持名,這個可以講,絕對沒有錯誤,蓮池大師承認,蕅益大師承認,印光老法師跟李老師都承認。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三八二集)  2016/10/18 




 

Jangan menghalangi orang lain terlahir ke Alam Sukhavati, apabila seseorang itu sudah menfokuskan diri melafal Amituofo, maka janganlah mempengaruhinya lagi, menyarankannya untuk menambah-nambah metode lainnya, contohnya melafal mantra lagi, kalau cuma melafal Amituofo takutnya kurang sakti, jadi harus menambah metode lainnya.

Ini malah mencelakai orang lain, ini menciptakan karma buruk jatuh ke Neraka Avici, mengapa demikian? Anda mengucapkan perkataan tersebut adalah menfitnah Buddha, menfitnah Dharma, menfitnah Sangha, akibatnya jatuh ke Neraka Avici, apakah anda takut?

Saya tahu anda tidak takut, mengapa anda tidak takut? Oleh karena anda sudah begitu sesatnya, anda tidak tahu untung ruginya, anda tidak tahu sesat dan benar, diri sendiri mengalami kemerosotan batin, masih membawa sekelompok orang untuk menuju pada kemerosotan batin, apakah ini bukan masalah besar?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Oktober 2016


千萬不能障礙別人往生,怎麼障礙?他念佛念得好,你還要念咒、還要念經,這個還不行,不夠,還要加一些東西進去。這是把人害死了,這是造無間地獄的罪業,為什麼?你說這個話是謗佛、謗法、謗僧,毀謗三寶,無間地獄,你怕不怕?我知道你不怕。為什麼你不怕?你糊塗到所以然了,你不知道利害,你不知道邪正,自己墮落,還帶一幫人去墮落,這還得了嗎?

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三八二集)  2016/10/18 

 


 

Keyakinan hati adalah sulit, dapat berubah! Bahkan yang pernah mengikutiku selama belasan hingga 20 tahun, orang yang berubah hatinya amat banyak. Ketika memberi ceramah di atas podium, ceramahnya cukup lumayan, setelah mendengarnya, saya juga bertepuk tangan dan salut, lantas bagaimana? Setelah sampai di luar memberi ceramah, bertemu dengan faktor pendukung atau jalinan jodoh, jodoh ini sungguh mengerikan, yakni kekayaan, rupa, ketenaran dan keuntungan.

Setelah bertemu dengan jodoh ini, perlahan mulai tercemar, lalu jadi tersesat, yang cepat dalam kurun waktu satu atau dua tahun sudah berubah, yang lamban ada yang 10 atau 20 tahun baru berubah, sungguh menakutkan.

Mengapa bisa begini? Masyarakat kini menganut asas demokrasi dan kebebasan, siapapun tidak boleh mengikat siapapun, kalau mau berubah juga mesti dibiarkan begitu saja. Kami sendiri juga sangat bersedih, melihat orang ini memiliki bakat yang amat bagus, tapi sudah dipikat. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Oktober 2016


信心難,會變!跟我十幾二十年,變心的人很多。上台講得不錯,我聽了都鼓掌佩服,可是怎麼樣?到外面講經教學,遇到緣了,這個緣很可怕,財色名利。遇到之後,慢慢就感染了、就迷惑了,快的一、二年就變了,慢的有十幾年、二十年變的,很可怕。這是什麼?現在民主自由,誰也不能約束誰,變就讓他變去吧。我們自己是很難過,看到這個人很好的人才,被誘惑了,痛心。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第三八二集)  2016/10/18